5.
Dapatkah kecerdasan spiritual saudara
ditingkatkan? Bagaimana langkah-langkah
pengembangan kecerdasan spiritual saudara (KDO)
Jawab:
-
SQ adalah kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan
nilai, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup kita dalam konteks
makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau
jalan hidup seseorang lebih bermakna dibanding dengan yang lain.
-
Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang berkaitan dengan hal-hal
transcendental, hal-hal yang mengatasi waktu dan merupakan bagian terpenting
dan terdalam pada diri manusia.
-
Dan langkah-langkah pengembangannya adalah; Karena Sq
adalah landasan yang diperlukan untuk mefungsikan IQ an EQ secara efektif, maka pengembangannya
................................................
6.
Apa tuntutan yang dapat dilakukan thdp
pejabat yang melakukan penyelewengan atau kesalahan(MKYB)
Jawab:
Menurut UU no 20 tahun 2001, tentang rekomendasi arah kebijakan
pemberantasan dan pencegahan KKN, berdasarkan pasal 2 yaitu: a)Mempercepat
proses hukum terhadap aparatur pemerintah terutama aparat penegak hukum dan
penyelenggara negara yang diduga melakukan praktek KKN, serta dapat dilakukan
tindakan administrasiuntuk memperlancar proses hukum; b)melakukan penindakan
hukum yang lebh bersungguh-sungguh terhadap semua kasus korupsi yang telah
terjadi di masa lalu, dan bagi mereka yang telah terbukti bersalah agar
dijatuhi hukuman yang seberat-beratnya.
7.
Kebijakan
public dpt dilihat dari 2 dimensi,
jelaskan :
Pertama : mengkaji proses
penyusunan kebijakan public dari identifikasi & perumusan masalah
(perumusan kebijakan), implementasi kebijakan, monitoring kebijakan &
evaluasi kebijakan.
Kedua : analisis kebijakan, meliputi
penerapan metoda & teknik analisis yg bersifat multidimensi disiplin dalarn
proses kebijakan yakni utk menyusun
strategi kebijakan.
8.
Mengapa pendengar bertanya pada saat Presentasi
:
Biasanya para pendengar bertanya karena
mereka menghendaki klarifikasi atas suatu bagian penyajian karena mereka tidak
dpt melihat aplikasi isi penyajian dengan kebutuhan mereka atau mereka tidak
setuju dengan satu bidang penyajian & mencoba memperluas cakupan pembahasan.
9.
Jelaskan
Landasan penyusunan RPJP Nasional.
a.Landasan idiil : pancasila
b.Landasan konstitusional : UUD 1945
c.Landasan operasional adalah :
1)
Ketetapan MPR
No.vIl/MPRl2001 : Visi Indonesia masa depan.
2)
UU No.17/2003: keuangan
negara.
3)
UU No.1/2004 : perbendaharaan negara.
4)
UU
No.25/2004 : sistern perencanaan pembangunan nasional.
5)
UU
No.32/2004 : Pemda
6)
UU
No.33/2004 : perimbangan
keuangan antara pemerintah pusat
& Pemerintah daerah.
10.
Bagaimana caramemilih
alternatif.
a.
Menentukan
sasaran-sasaran atau membuat kriteria yg mengidentifiikasi hasil-hasil yg akan
dicapai serta sumber-sumber apa saja yg harus disiapkan.
b.
Mempertimbangkan
altarnatif-alternatif yg dpt memenuhi sasaran, serta menentukan alternatif mana
yg cocok dengan kebutuhan kita.
c.
Menilai
akibat-akibat yg merugikan atau berbagai resiko yg terkandung dlm
alternatif-alternatif yg menarik sebelum diadakan komitmen utk bertindak.
11.
Apa
tujuan pemerintah memberikan otonomi kepada semua kabupaten kota
& propinsi.
a.
Meningkatkan
& memperlancar pembangunan di daerah terutama dlm usaha utk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat luas, baik di bidang ekonomi, sosial, politik, budaya,
pendidikan maupun kesehatan.
b.
Memperlancar
& mempermudah pelayanan administrasi pemerintah.
c.
Meningkatkan
kualitas pengelolaan wilayah, baik pengelolaan sumber daya alam maupun sumber
daya buatan & sumber daya manusia.
d.
Meningkatkan
keikutsertaan masyarakat daerah dlm penentuan kebijakan publik baik yg bersifat
nasional maupun yg bersifat terbatas utk daerah tertentu, antara lain dlm
penentuan politik, ekonomi nasional & penyusunan rencana pembangunan
nasional,
e.
Memperkuat
persatuan & kesatuan bangsa.
f.
Memperkuat
ketahanan & pertananan nasional di semua bidang.
12.
Apa
yg di maksud dengansasaran umum.
·
Kelembagaan
yang sehat dan dinamis mampu memberikan layanan yang baik kepada masyarakat
·
Ketatalaksanaan
yang efisien dan efektif
·
Sumber
Daya Manusia yang kompeten, memiliki tata nilai, dan etika kerja
13.
Sudah
adakan peraturan perundang-undangan yg menetapkan etika PNS dlm
keseluruhan aspeknya.
Ada, Kode etik Organisasi
Pemerintah RI (UU no.8/1974)
§
PNS
adalah WNKRI yg berdasarkan PS, bertqwa kpd Tuhan YME, dan bersikap
hormat-menghormati antara sesama WN yg memeluk agama/kepercayaan yg berlainan.
§
PNS
sbg unsur aparatur neg,abdi neg, dan abdi masy, setia dan taat sepenuhnya kpd
Pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah, serta mengutamakan kepentingan
negara di atas kepentingan diri sendiri, seseorang atau golongan.
§
PNS
menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan martabat PNS serta
mentaati sgl peraturan kedinasan dan perintah atasan dg penuh kesadaran, pengabdian,
dan tanggungjawab.
§
PNS
memberikan pelayanan thd masya se-baik2nya sesuai dg bidang tugas masing2.
§
PNS
tetap memelihara keutuhan, kekompakan, persatuan dan kesatuan negara dan bangsa
Indonesia serta korps PNS.
14.
Kepemimpinan
yg berdasarkan prinsip akan membantu para manajer dlm menyelesaikan masalah
klasik manajerial & organisasional, sebutkan manajerial dlm
kelompok?
Tugas manajerial, menyusun,
mengimplematasikan dan evaluasi kelompok.
15.
Apa
perbedaan antara akuntabilitas implisit dengan akuntabilitas
eksplisit, jelaskan.
Segenap aparatur negara secara implisit
bertanggung jawab atas setiap pengaruh yang terduga akibat tata cara
melaksanakan tugas.
Pertanggung jawaban seorang
pejabat negara manakala diharuskan menjawab atau memikul konsekwensi atau tata
cara dalam melaksanakan tugas con bebas KKN.
16.
Banyak
persoalan dlm dunia pelayanan publik terjadi karena pemasaran atau sosialisasi
yg lemah, pemasaran atau sosialisasi yg lemah oleh pemerintah berakibat
terjadinya distorsi persepsi dikalangan masyarakat sehingga timbul
harapan-harapan yg sering kali sdh berlebihan & tidak masuk akal, sebutkan gejala-gejala
distorsi persepsi tersebut.
Penyimpangan komunikasi antara
pemerintah dengan masyarakatnya. Indikatornya banyak demontrasi
17.
Bagaimana proses penyusunan
anggaran.
1.
Penyiapan
rencana awal rencana pembangunan.
2.
Penyiapan
rancangan rencana kerja
3.
musyawarah
perencanaan pembangunan
4.
Penyusunan rancangan akhir rencana pembangunan
18.
Bagaimana
membuat rumusan keputusan yg mengandung unsur-unsur tindakan
objek/sasaran & tindakan.
POHAN MASALAH, POHAN SASARAN dan
POHON ALTERNATIF.
2 ciri kebijakan publik
1.
Proses kebijakan (policy process)
Mengkaji proses penyusunan kebijakan
mulai dari identifikasi dan perumusan masalah (perumusan kebijakan), implementasi kebijakan, monitoring
kebijakan dan evaluasi kebijakan.
2.
Analisis kebijakan (policy analysis)
Penerapan metode dan teknik analisis
yang bersifat multidisiplin dalam proses kebijakan yakni untuk menyusun
strategi kebijakan.
MASALAH adalah sesuatu yg menyimpang dari apa yg diharapkan
atau ditentukan utk dicapai, sehingga
merupakan rintangan atau hambatan menuju tercapainya tujuan (slamet prajudi
atmosudirjo)
Mengidentifikasi
perbedaan yg ada antara pihak yg bermasalah dgn pihak pembanding pada setiap
spesifikasi yg ada
Perubahan
adalah perubahan yg terjadi pd pihak yg bermasalah atau perubahan yg terjadi
disekitar yg bermasalah sejak masalah tsb mulai dirasakan
Persoalan :
1.
Suatu/situasi
kompleks yg menghendaki tindakan.
2.
Sesuatu yg
menjadi salah atau sesuatu yg tidak diketahui penyebabnya.
3.
Suatu pilihan yg sulit.
3 (TIGA)
PRIORITAS DLM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ?
3
aspek penting dlm menentukan prioritas, yaitu dilihat dari tingkat :
1)
Urgensi (kegawatan) adalah besarnya
dampak yg timbul terhadap keselamatan jiwa manusia, uang, produksi & atau
reputasi baik individu maupun organisasi.
2)
Seriousness (mendesaknya) adalah
banyaknya waktu yg tersedia utk
penanganan suatu masalah.
3)
Growth (pertumbuhan) adalah perkiraan
akan bertambah buruknya suatu keadaan dibandingkan dengan sebelumnya/keadaan
sekarang.
Proses
analitik apa saja ? (PKT)
1.
MENENTUKAN MASALAH
2.
Mencari alternatif pemecahan
3.
Memilih & menguji alternatif
4.
Mencoba penyelesaian
Sistem
Administrasi dipengaruhi oleh kebudayaan,
Benar/Salah ! Jelaskan ! (Etika Org.) Betul,
Kebudayaan ideel, [1] nilai budaya; [2] norma norma; [3] hukum;
[4] aturan khusus. Kebudayaan ideel ini berpengaruh pd perumusan visi-misi, dan
sistem nilai organisasi.
Sistem
Sosial, Kebudayaan sbg sistem sosial, yakni aktivitas manusia yg berinteraksi,
berhubungan, bergaul satu sama lain dari waktu ke waktu yg mengikuti pola2
tertentu yg berdasarkan adat tata kelakuan. Wujudnya dlm bentukkomunikasi,
hubungan kerja, sistem kerja dari para anggota organisasi pemerintah.
Kebudayaan Fisik, Kebudayaan fisik, mrpkn semua hasil fisik
dari aktivitas, perbuatan, dan karya manusia dalam masyarakat. Kebudayaan fisik
mempengaruhi perilaku, sistem kerja, dan alat alat kerja.
3 (tiga) peran dlm proses kegiatan pencapaian tujuan
organisasi (Etika Org.)
o
Produktivitas kerja
o
Efisiensi tenaga, waktu, bahan baku,
tdk boros
o
Pelayanan yg berorientasi kpd kepuasan
pelanggan
o
Kerusakan barang/ produksi semakin
minim
o
Konseptual:semakin berkualitas/
meningkat keterampilan teknis & manajerialnya
o
Kepemimpinan: kerjasamanya semakin
baik, human relation-nya semakin luwes.
Perilaku Kepemimpinan dikelompokkan
pada 2 (dua) prinsip apa ?
kepemimpinan kinerja ==== Orang ==== memotivasi dan membina
hubungan
kepemimpinan tugas ==== Tupoksi ==== menetapkan sasaran,
merencanakan dan mencapai sasaran
· Indikator apa yang akan diukur dalam proses pengukuran kinerja .
Jawab: Penetapan sebuah indikator kinerja merupakan
bagian integral dari perencanaan stratejik.
Indikator yang jelas akan memperjelas juga tolok ukur mengenai apa yang
akan dicapai dan menilai keberhasilan pencapaian sasaran. Indikator adalah keterangan, gejala yang
dapat digunakan untk mengetahui kemajuan tercapainya suatu sasaran. Indikator yang akan diukur dalam pengukuran
kinerja adalah sbb; 1)Input/masukan; 2)Process/proses; 3)Output/keluaran;
4)Outcomes/hasil; 5)benefits/manfaat; 6) impacts/dampak.
1.
Kepemimpinan yg berdasarkan prinsip
akan membantu paramanajer dlm menyelesaikan masalah klasik manajerial dan
organisasional sebutkan masalah manajerial dlm kelompok ?
Jawab
: Tugas manajerial, menyusun,
mengimplementasikan & evaluasi kelompok.
2.
Apa perbedaan antara akuntabilitas
implisit dg akuntabilitas eksplisit jelaskan ?
Jawab
:
Segenap aparatur Negara secara implisit bertanggung jawab atas setiap
pengaruh yg terduga akibat tatacara atas melaksanakan tugas. Pertanggung
jawaban seseorang pejabat Negara manakala diharuskan menjawab atau memikul
konsekwensi atau tata cara dlm melaksanakan tugas con bebas KKN
3.
Hal-hal apa saja yang perlu
diperhatikan dlm melakukan koordinasi jelaskan ?
Jawab
:
a.
Setiap pejabat harus mengetahui dg
jelas apa yg menjadi tugas & tanggung jawab instansinya.
b.
Setiap instansi perlu mengetahui apa
yg menjadi tugas & tanggung jawab instansi lain.
c.
Semua instansi mengkoordinir harus kpd
siapa instansi tersebut bertanggung jawab.
d.
Setiapinstansi menyadari akan adanya
saling ketergantungan dg instansi lainnya.
4.
Apa tujuan pemerintah memberikan
otonomi kpd semua kabupaten kota & propinsi ?
Jawab
:
a.
Meningkatkan & memperlancar
pembangunan di daerah terutama dlm usaha utk meningkatkan kesejahteraan
masyarakat luas, baik dibidang ekonomi, social, politik, budaya, pendidikan
maupun kesehatan.
b.
Memperlancar & mempermudah
pelayanan administrasi pemerintah.
c.
Meningkatkan kualitas pengelolaan
wilayah, baik pengelolaan sumberdaya alam maupun sumberdaya buatan & sumber
daya manusia.
d.
Meningkatkan keikutsertaan masyarakat
daerah dlm menentukan kebijakan public baik yg bersifat nasional maupun yg
bersifat terbatas utk daerah tertentu, al dlm menentukan politik, ekonomi
nasional & penyusunan rencana pembangunan nasional.
e.
Memperkuat persatuan dan kesatuan
bangsa.
f.
Memperkuat pertahanan dan ketahanan
nasional di semua bidang.
30.Jelaskan tentang transisi demografi
?
Jawab
:
-
Kondisi penduduk jika angka kelahiran
tinggi, diikuti dengan angka kematian yg tinggi juga, biasa terjadi di negara2
miskin
-
Kondisi penduduk dimana angka kematian
kecil, dimana angka kelahiran masih tinggi, hal ini dpt diartikan teknologi
dibidang kesehatan dan teknologi sudah berkembang.
-
Kondisi dimana angka kelahiran dan
angka kematian rendah, Hal ini berarti teknologi dan keilmuan sudah maju,
begitu juga diikuti oleh tingkat kesejahtraan penduduk yg makin mapan.
5.
Apa peran kecerdasan emosional dlm
keberhasilan dlm pergaulan anda sehari-hari ?
Jawab :
Perannya
: Pertama kita harus mengetahui kepampuan yg kita miliki dan kemampuan orang
lain, dengan sendirinya kita dpt mengetahui juga keinginan orang lain sehingga
komunikasi akan menjadi nyaman.
6.
Apakah ciri2 birokrasi menurut The
liang Gie ? Jelaskan
Jawab
:
a.
Organisasi : merupakan kerangka,
struktur, atau wadah usaha kerjasama dilakukan
b.
Manajemen : proses yg menggerakkan dlm
administrasi.
c.
Tata hubungan & komunikasi :
merupakan uratnadi yg memungkinkan orang-orang bekerja sama mencapai tujuan.
d.
Kepegawaian : berkaitan dg sumber
tenaga manusia dlm administrasi.
e.
Keuangan : merupakan segi pembiayaan
dlm administrasi.
f.
Perlengkapan : berkaitan dengan
kebutuhan barang/benda/alat perlengkapan dlm administrasi.
g.
Ketata usahaan/pekerjaan kantor :
berkenaan dg kegiatan tulis menulis/pekerjaan ketata usahaan.
h.
Perwakilan /Humas :berkenaan dg hubungan
antara organisasi.
7.
Jelaskan fungsi Negara dlm konteks
kepemerintahan ?
Jawab
:
Konsepsi kepemerintahan pd dasarnya
adalah kegiatan kenegaraan, tetapi lebih jauh dr itu melibatkan sector swasta
& kelembagaan masyarakat dlm artian secara umum yaitu mencakup keseluruhan
lembaga politik & sector public.
Jawab
:
a.
Mendeskripsikan persoalan masalah
secara terinci dg menggunakan dat/informasi yg jelas & spesifik
b.
Mengembangkan sebab2 yg mungkin dr
persoalan itu dg menggunakan pengalaman dr logika dr deskrepsi masalah tsb.
c.
Menemukan sebab yg sesungguhnya dg
menguji secara kritis untuk membuktikan data/ informasi yg ada.
40.
Apa yg dimaksud dengan system
informasi manajemen ?
Jawab
: Suatu organisasi memerlukan informasi yang
akurat, cepat dan cermat dimana lebih
teraturnya pola pemanfaatannya diperlukan sisten informasi, oleh karena itu
system informasi sngat penting dlm pengambilan keputusan.
41.
Salah satu perinsip pelayanan prima
adalah memperdayakan pelanggan, coba
jelaskan maksud atau arti memperdayakan tersebut berikan contoh
Jawab
: Pelanggan pd dasarnya adalah pemilik dr pelayanan
kita, tanpa pelanggan tidak akan pernah ada pelayanan. Mengutamakan pelayanan
secara praktis diartikan sbb :
a.
Presedur pelayanan harus disusun demi
kemudahan pelanggan.
b.
Ada presedur yg berbeda bagi pelayanan
eksternal dan internal. Pelayanan bagi pelayan eksternal harus lebih diutamakan
dr pd untuk pelanggan internal maupun tidak langsung.
c.
Adanya jenis2 layanan yg sesuai utk
pelayanan pelanggan langsung.
42.
Organisasi dpt dilihat dari 2 aspek
jelaskan ?
Jawab
:
a.
Aspek struktur organisasi meliputi
-
Pengelompokan orang secara formal
-
Digambarkan dlm bagan organisasi
b.
Aspek proses perilaku
43.
Kede etik aparatur pemerintah secara
keseluruhan harus ditetapkan oleh kepala pemerintahan. Mengapa ? Jelaskan !
Jawab
:
Karena kepala pemerintahan merupakan
sebagai pimpinan yg mempunyai wewenang untuk menetapkan kode etik tsb agar
seluruh bawahan dapat taat dg aturan yg telah ditentukan. Kode etik merupakan
sebagai acuan /pedoman dlm bersikap & bertindak dr seluruh jajaran
organisasi pemerintahan & pelanggarannya akan membawa konsweksi moral.
44.
Jelaskan dg singkat, apa yg saudara
pahami tentang koordinasi & bagaimana cara mengimplementasikannya diantara
aparatur pemerintah?
Jawab
:
Koordinasi didlm pemerintahan sangat
diperlukan hubungan kerja baik bersifat internal atau di lembaga itu sendiri
maupun eksternal atau dengan lembaga lainnya.
Contoh : Internal : mengkoordinasikan
sitem kerja agar disatu yunit dg unit lainnya agar pelaksanaan kerja dpt
terlaksana dg baik & atau perlu melakukan tinjauan secara bersama tetang
program yg belum tercapai dll.
Eksternal : perlu melakukan kerjasama
dg instansi lain untuk mendapatkan masukan yg saling menguntungkan.
19. Kebijakan public dpt dilihat dari 2 dimensi, jelaskan
:
Pertama : mengkaji proses
penyusunan kebijakan public dari identifikasi & perumusan masalah
(perumusan kebijakan), implementasi kebijakan, monitoring kebijakan &
evaluasi kebijakan.
Kedua : analisis kebijakan, meliputi
penerapan metoda & teknik analisis yg bersifat multidimensi disiplin dalarn
proses kebijakan yakni utk menyusun
strategi kebijakan.
20.
Jelaskan
konsepsi pemerintahan yg baik.
Negara berfungsi menciptakan
lingkungan politik & hukum yg kondusif termasuk di dalamnya lembaga-Iembaga
politik maupun lembaga-Iembaga sektor publik.
Sektor swasta menciptakan
lapangan pekerjaan & pendapatan, peranan swasta sangat penting dlm pola
kepemerintahan & pembangunan karena sebagai· sumber peluang utk
meningkatkan produktivitas, penyerapan tenaga kerja, sumber penerimaan,
investasi publik, pengembangan usaha & pertumbuhan ekonomi.
Sedangkan masyarakat terdiri dari
individual & kelompok. Kelompok masyarakat dlm konteks
kenegaraan pada dasarnya berada di antara atau di tengah-tengah antara
pemerintah & perseorangan yg berinteraksi secara social, politik &
ekonomi melalui kegiatan fasilitas partisipasi masyarakat dengan cara
mobilitas.
21.
Kedudukan
aparatur negara adalah sbg abdi negara & abdi masyarakat, jelaskan APARATUR
NEGARA di Iihat dari sudut pandang ETIKA,
Etika menjadi acuan/pedoman dlm
bersikap & bertindak dari seluruh organisasi pemerintah & pelanggannya
akan membawa konsekuensi moral. Setiap anggota aparatur di tuntut utk mentaatinya dgn sadar & penuh disiplin, yg melanggar disiplin dpt dikenakan sanksi administratif
(penurunan pangkat & sejenisnya) & pegawai yg taat azas etika akan
mendapat penghargaan. Nilai-nilai etika yg disepakat
bersama sbg pola perilaku & dirumuskan dlm apa yg dikenal dengan kode etik.
22.
Hal-hal
apa saja yg perlu diperhatikan dlm melakukan KOORDINASI. Jelas!
a.Setiap pejabat harus mengetahui dengan jelas
apa yg menjadi tugas & tanggung jawab instansinya.
b.Setiap instansi perlu mengetahui apa yg
menjadi tugas & tanggung jawab instansi lain.
c.Semua instansi yg mengkoordinir harus kepada
siapa instansi tersebut bertanggung jawab.
d.Setiap instansi menyadari akan adanya saling
ketergantungan dengan instansi lain.
23.
Jelaskan
istilah berikut : otonomi daerah, daerah otonom, desentralisasi&dekonsentrasi.
a.Otonomi daerah : pelimpahan sebagian kewenangan, tugas,
kewajiban & tanggung jawab dlm penyelenggaraan negara dari pemerintah pusat
kepada pemerintah daerah.
b.Daerah otonom : daerah yg di beri kewenangan.
c.Desentralisasi : penyerahan wewenang pemerintah dari
pemerintah pusat kepada daerah otonomi utk mengatur & mengurus urusan
pemerintah dlm sistem negara kesatuan Republik Indonesia.
d.Dekonsentrasi : pelimpahan wewenang pemerintah oleh
pemerintah kepada gubernur sbg wakil pemerintah atau kepada instansi vertical
di daerah.
24.
Jelaskan
konsep kepemerintahan yg baik menurut anda.
Kepemerintahan yg baik (good governance) adalah
penyelenggaraan pemerintahan negara yg solid & bertanggung jawab, serta
efisien & efektif dengan menjaga menyinergikan interaksi yg konstruktif di
antara komponen-komponen negara, sector swasta & masyarakat.
Dalam PP NO.101/2000 disebutkan
prinsip-prinsip kepemerintahan yg baik, yg terdiri dari :
Profesional , Akuntabilitas, Tranparansi, Pelayanan
prima, Demokrasi,
Eflsiensl, Efektifitas, Supermasi hukum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar