5. Apa tujuan pemerintah memberikan otonomi kepada semua kabupaten kota & propinsi.
a.
Meningkatkan
& memperlancar pembangunan di daerah terutama dlm usaha utk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat luas, baik di bidang ekonomi, sosial, politik, budaya,
pendidikan maupun kesehatan.
b.
Memperlancar
& mempermudah pelayanan administrasi pemerintah.
c.
Meningkatkan
kualitas pengelolaan wilayah, baik pengelolaan sumber daya alam maupun sumber
daya buatan & sumber daya manusia.
d.
Meningkatkan
keikutsertaan masyarakat daerah dlm penentuan kebijakan publik baik yg bersifat
nasional maupun yg bersifat terbatas utk daerah tertentu, antara lain dlm
penentuan politik, ekonomi nasional & penyusunan rencana pembangunan
nasional,
e.
Memperkuat
persatuan & kesatuan bangsa.
f.
Memperkuat
ketahanan & pertananan nasional di semua bidang.
Ada, Kode etik Organisasi
Pemerintah RI (UU no.8/1974)
§ PNS adalah WNKRI yg berdasarkan PS, bertqwa
kpd Tuhan YME, dan bersikap hormat-menghormati antara sesama WN yg memeluk
agama/kepercayaan yg berlainan.
§ PNS sbg unsur aparatur neg,abdi neg, dan abdi
masy, setia dan taat sepenuhnya kpd Pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah,
serta mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan diri sendiri,
seseorang atau golongan.
§ PNS menjunjung tinggi kehormatan negara,
pemerintah, dan martabat PNS serta mentaati sgl peraturan kedinasan dan
perintah atasan dg penuh kesadaran, pengabdian, dan tanggungjawab.
§ PNS memberikan pelayanan thd masya
se-baik2nya sesuai dg bidang tugas masing2.
§ PNS tetap memelihara keutuhan, kekompakan,
persatuan dan kesatuan negara dan bangsa Indonesia serta korps PNS.
7.
Kepemimpinan
yg berdasarkan prinsip akan membantu para manajer dlm menyelesaikan masalah
klasik manajerial & organisasional, sebutkan manajerial dlm
kelompok?
Tugas manajerial, menyusun,
mengimplematasikan dan evaluasi kelompok.
Segenap aparatur negara secara implisit
bertanggung jawab atas setiap pengaruh yang terduga akibat tata cara
melaksanakan tugas.
Pertanggung jawaban seorang
pejabat negara manakala diharuskan menjawab atau memikul konsekwensi atau tata
cara dalam melaksanakan tugas con bebas KKN.
Penyimpangan komunikasi antara
pemerintah dengan masyarakatnya. Indikatornya banyak demontrasi
POHAN MASALAH, POHAN SASARAN dan
POHON ALTERNATIF.
2 ciri kebijakan publik
1.
Proses kebijakan (policy process)
Mengkaji proses penyusunan kebijakan
mulai dari identifikasi dan perumusan masalah (perumusan kebijakan), implementasi kebijakan, monitoring
kebijakan dan evaluasi kebijakan.
2.
Analisis kebijakan (policy analysis)
Penerapan metode dan teknik analisis
yang bersifat multidisiplin dalam proses kebijakan yakni untuk menyusun
strategi kebijakan.
MASALAH
adalah sesuatu yg
menyimpang dari apa yg diharapkan atau ditentukan utk dicapai, sehingga merupakan rintangan
atau hambatan menuju tercapainya tujuan (slamet prajudi atmosudirjo)
Mengidentifikasi perbedaan yg ada antara pihak yg
bermasalah dgn pihak pembanding pada setiap spesifikasi yg ada
Perubahan adalah perubahan yg terjadi pd pihak yg
bermasalah atau perubahan yg terjadi disekitar yg bermasalah sejak masalah tsb
mulai dirasakan
Persoalan :
1.
Suatu/situasi
kompleks yg menghendaki tindakan.
2.
Sesuatu yg
menjadi salah atau sesuatu yg tidak diketahui penyebabnya.
3.
Suatu pilihan yg sulit.
3
(TIGA) PRIORITAS DLM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ?
3
aspek penting dlm menentukan prioritas, yaitu dilihat dari tingkat :
1)
Urgensi (kegawatan) adalah besarnya
dampak yg timbul terhadap keselamatan jiwa manusia, uang, produksi & atau
reputasi baik individu maupun organisasi.
2)
Seriousness (mendesaknya) adalah
banyaknya waktu yg tersedia utk
penanganan suatu masalah.
3)
Growth (pertumbuhan) adalah perkiraan
akan bertambah buruknya suatu keadaan dibandingkan dengan sebelumnya/keadaan
sekarang.
APA SAJA DASAR-DASAR YG HARUS DIMILIKI DLM RANGKA PENGAMBILAN KEPUTUSAN ? Langkah-Langkah Analisis Keputusan :
1.
Menyatakan tujuan pengambilan
keputusan. Dgn menyatakan tujuan kita dpt mengetahui apa yg akan kita
lakukan. Semakin spesifik semakin baik. Contoh operator komputer.
2. Menentukan
kriteria atau persyaratan pemilihan:
•
Menentukan
Kriteria Wajib/ Keharusan ( mutlak, terukur, realistis)
•
Menjadi pembatas apakah sesuatu/orang
layak jadi calon.
•
Menentukan
Kriteria keinginan bersifat relatif. Digunakan sbg saringan kedua unt memilih
calon yg mendekati keinginan.
•
Menetapkan bobot
bagi masing2 kriteria, Agar kriteria yg lebih tinggi kepentingannya dpt dibobot
lb tinggi ( bobot adl tingkat pentingnya suatu kriteria dibanding yg lain
•
Ditentukan nilai
gradasi dari setiap kriteria unt menentukan berapa nilai relatif suatu
alternatif. Merupakan langkah substantif, imaginatif, kreatif unt mendapat
hasil terbaik
3.
Membuat atau mengembangkan alternatif pilihan
•
Agar lebih
objektif dlm menyusun kriteria, sebaiknya alternatif2 yg ada tidak kita teliti
dahulu sebelum kita menentukan kriteria, karena kita cenderung membuat kriteria
yg menguntungkan alternatif yg lebih kita sukai.
•
Mengembangkan
alternatif pilihan juga langkah kreatif. Semakin kreatif
semakin banyak pilihan yg dpt dikembangkan
4. Mengevaluasi alternatif
Alternatif yg ada dievaluasi, mulai dari
Kriteria keharusan sbg saringan pertama. Kriteria kedua adl krfiteria Keinginan
lengkap dgn bobot & gradasi. Hasilnya adl nominasi yg belum final
5. Mempertimbangkan Risiko Pemilihan
Buat daftar hal2 kritis dari setiap
calon. Diusahakan mendapat informasi negatif dari calon / alternatif
pilihan, unt menghindari terjadinya hal2
yg merugikan dibelakang hari. Langkah ini juga membutuhkan imajinasi kreatifitas yg
tinggi
STANDAR PELAYANAN
adalah suatu tolok ukur yang dipergunakan untuk acuan penilaian kualitas
pelayanan sebagai komitmen atau janji ari pihak penyedia pelayanan kepada
pelanggan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.
KOMUNIKASI; memberikan pengetahuan yang dapat dipahami
oleh pelanggan dan mendengarkan mereka.
· Apa yang dimaksud dengan orang yang profesional?
Jawab: Orang profesional adalah orang yang dalam
pelaksanaan pekerjaan bekerja sesuai perundang-undangan & misi organisasi;
bekerja berdasar kaidah keilmuan, sikap perilaku sesuai nilai-nilai kepatutan,
posisi netral. Bekerja secara profesional, mampu menjalankan tugas guna
memenuhi kebutuhan pelanggan yang didukung oleh modal dasar SKA (Skill/keahlian,
Knowledge/ pengetahuan, Ability/kemampuan).
. Apakah RENSTRA itu?
RENSTRA adalah rencana lima tahun yang
disusun oleh instansi pemerintah pusat dan yang mengacu pada RPJM/RPJM daerah
dan berisikan penjabaran program sektoral dan kegiatan prioritasnya sesuai
dengan tugas pokok masing-masing instansi.
- KEPEMIMPINAN YANG
EFEKTIF
Yaitu
kepemimpinan yang memiliki peran sebagai direction setter, change agent, spoke
person, dan coach. Dengan demikian kepemimpinan yang efektif dimaksud tidak
saja harus menyusun visi sebagai direction setter, tetapi juga harus
mengkomunikasikannya sehingga menjadi shared purpose. Pemimpin juga harus
melakukan empowering (pemberdayaan) SDM dan sumberdaya lain dalam organisasi
untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan melakukan perubahan-perubahan (change
agent).
TQM adalah
pendekatan yang digunakan untuk meningkatkan kualitas produk barang dan jasa
melalui partisipasi semua tingkatan dan fungsi yang ada dalam organisasi. TQM
digunakan atas dasar solusi permasalahan dengan menggunakan data yang akurat,
dibangun atas dasar keterlibatan dan partisipasi seluruh jajaran manajemen
tingkat atas sampai pada pegawai yang secara profesional melakukan proses
tertentu, dengan fokus pada orientasi pelanggan, pengendalian kualitas secara
komprehensif, dan didukung oleh berbagai sistem yang dikembangkan dalam
manajemen.
Tqm: Untuk
meningkatkan kualitas pelayana kepada masyarakat
TQM:
Manajemen yang berusaha U/ memaksimalkan daya saing oraganisasi melalaui
perbaikan secara erkesinambungan atas kualitas barang, jasa, manusia dan
lingkungan organisasi dengan tujuan U/ meningkakna kepuasan pelanggan.
ISO merupakan
lembaga standar yang memiliki jaringan internasional yang dikoordinasikan
melalui central secretariat di Geneva. ISO menetapkan berbagai standar yang
menjadi referensi internasional.
EMOSI adalah sisi lain dari kepribadian yang
diwujudkan dalam perasaan/affect yang positif maupun negatif dan ditampilkan
dalam berbagai perilaku. Kecerdasan emosi sesungguhnya berkaitan dengan pikiran
rasional, sedangkan spiritual intelegensi adalah kecerdasan untuk menghadapi
dan memecahkan persoalan makna dan nilai yakni kecerdasan untuk menempatkan
perilaku dan hidup kita dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya.
11.
Sebutkan
minimal 5 tips mengenai cara memberikan umpan balik?
1.
Bersifat
deskriptif
2. Sifat khusus dan tidak umum
3.
Memperhitungkan
kebutuhan si penerima
4.
Diarahkan
pada tingkah laku si penerima
5. Jika diminta oleh ybs
6. Diberikan pada waktu yang tepat
7.
Siap
untuk dilaksanakan: umpan balik yang baik dapat mengubah tingkah laku
8.
Cek tingkat
validitasnya
FUNGSI
ANGGARAN: Fungsi Otorisasi , Fungsi Perencanaan, Fungsi Pengawasan, F Alokasi,
F Internal, F Eksternal
KINERJA:
Input, Proses, Out put (Rencana Kerja) /
Out Come, Benefit, Infact (Rencana Kinerja)
SAKIP:
Kegiatan, Pembiayaan, Evaluasi, Monitoring, Control, Laporan
OTONOMI:
Memperpendek rentang kendali dan mempermudah mengetahui kebutuahan daerah.
KRITERIA
MEMILIH ISU:
1.
AKTUAL: sesuatu yang sedang atau akan terjadi, hangat dibicarakan kalangan
masyarakat.
2. BERDAMPAK LUAS : menyangkut kepetingan
orang banyak
3. PROBLEMATIK: mengandung suatu permasalahan,
yang perlu dicari penyebab dan pemecahannya
4. KELAYAKAN: bersifat logis, realistis, dan
sesuai dengan tugas, wewenang, dan tanggung jawab.
Aparatus
Pemerintah: tugas pokok U/ melaksanakan tugas umum pemerintahan dan tugas
pembangunan.
Tugas
Pemerintah: tugas dimana saja dalam rangka memenuhi kebutuhan dan kepentingan
Masyarakat.
Tugas
Pembangunan : tugas dalam pelaksaan program-program pembangunan, yg umum
dilaksanakan melalui proyek2.
Otonomi Daerah: u/ mengatur
pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dgn peraturan UU
Daerah Otonom: kesatuan
hukum yg mempunyai baaw wilayah yang berwenang
untuk mengatur dan mengurus pemerintahan
dan kepentingan masyarrakat setempat.
1. Kede etik aparatur pemerintah secara
keseluruhan harus ditetapkan oleh kepala pemerintahan. Mengapa ? Jelaskan
Jawab :
Karena kepala pemerintahan merupakan sebagai
pimpinan yg mempunyai wewenang untuk menetapkan kode etik tsb agar seluruh
bawahan dapat taat dg aturan yg telah ditentukan. Kode etik merupakan sebagai
acuan /pedoman dlm bersikap & bertindak dr seluruh jajaran organisasi
pemerintahan & pelanggarannya akan membawa konsweksi moral.
1.
Dalam rangka aktualisasi pelaksanaan
konsepsi kepemerintahan hal-hal apa saja yg harus menjadi acuan berpikir
pemerintah baik di pusat maupun di daerah ?
Jawab
: Negara berfungsi menciptakan lingkungan
politik & hukum yg kondusif termasuk di dalamnya lembaga-lembaga politik
maupun lembaga-lembaga sector public.
2.
Sudah adakah peraturan
perundang-undangan etika PNS dlm keseluruhan aspeknya ?
Jawab
:
Ada kode etik Organisasi Pemerintah RI
(UU no.8/1974)
-
PNS adalah WNKRI yg berdasarkan PS,
bertaqwa kpd Tuhan YME, & bersikap ormat-menghormati sesama WN yg memeluk
agama/kepercayaan yg berlainan.
-
PNS sbg unsure aparatur neg, abdi neg
& abdi masyarakat, setia dan taat sepenuhnya kpd pancasila, UUD 1945,
Negara & pemerintah, serta menutamakan kepentingan Negara di atas
kepentingan diri sendiri, seorang/golongan.
-
PNS menjunjung tinggi kehormatan
Negara, pemerintah.& martabat PNS serta mentaati sgl peraturan kedinasan
& perintah atasan dg penuh kesadaran, pengabdian, & tanggungjawab.
-
PNS memberikan pelayanan terhadap masy
se-baik-baiknyasesuai dg bidang tgs masing-masing.
-
PNS tetap memelihara keutuhan,
kekompakan, persatuan & kesatuan neg & bangsa Indonesia serta korps
PNS.
3.
Jelaskan konsep pemerintahan yang baik
?
Jawab
: Pemerintahan yg baik (good governance) adalah
:penyelenggaraan pemerintahan Negara yang solid & bertanggungjawab, serta
efisien & efektif dg menjaga menyinergikan iteraksi yg konstruktif diantara
komponen-komponen Negara, sector swasta & masyarakat.
Dalam PP No. 101/2000 disebutkan
prinsip-prinsip kepemerintahan yg baik, yg terdiri dari :
a.
Profesional, b. Akuntabilitas. C.
Tranparansi. d. Pelayanan Prima. E. Demokrasi. F. Efisiensi. G. Efektifitas. H.
Supermasi Hukum.
4.
Bagaimana membuat rumusan keputusan yg
mengandung unsur-unsur tindakan obyek/sasaran dan tindakan ?
Jawab
: Pohon Masalah, Pohon Sasaran dan Pohon
Alternatif.
5.
Kegiatan apa saja yg perlu dilakukan
dlm pembaharuan desain pelayanan untuk dpt memenuhi keinginan pelanggan ?
Jawab
: Pembaharuan desain di sini maksudnya adalah
tidak harus menciptakan hal yg baru sama sekali. Pelayanan yg sudah ada secara
berkala juga memerlukan pembaharuan agar semakin dapat memenuhi kebutuhan
pelanggan. Langkah-langkah kegiatan dlm proses pembaharuan desain pelayanan al
:
a.
Menemukan “roh” pelayanan (makna dr
pelayanan)
b.
Menetapkan jenis pelayanan.
c.
Menghayati kegiatan pelanggan.
d.
Merancang proses pelayanan.
6.
Apa saja masalah yg dihadapi dlm
penyusunan propenas yg menyebabkan kapasitas pembangunan daerah dan masyarakat
kurang berkembang ?
Jawab
:
a.
Pertumbuhan ekonomi masih rendah
b.
Kualitas SDM masih rendah
c.
Belum sejalannya perlindungan
lingkungan dg kegiatan pemanfaatan sumber daya alam.
d.
Kesenjangan pembangunan antar daerah
e.
Terjadinya penurunan kualitas &
kuantitas infra-struktur.
f.
Belum tuntasnya konflik dibeberapa
daerah.
g.
Masih tingginya kejahatan konvensional
& transnasional.
h.
Masih kurangnya kemampuan jumlah &
personal TNI.
i.
Masih adanya hambatan dlm menciptakan
hokum investasi yg kondusif.
j.
Rendahnya kualitas pelayanan umum kpd
,masyarakat.
k.
Belum menguatnya kelembagaan politik
lembaga penyelenggara Negara & lembaga kemasyarakatan.
7.
Kepemimpinan yg berdasarkan prinsip
akan membantu paramanajer dlm menyelesaikan masalah klasik manajerial dan
organisasional sebutkan masalah manajerial dlm kelompok ?
Jawab
: Tugas manajerial, menyusun, mengimplementasikan
& evaluasi kelompok.
8.
Sebutkan minimal 5 tipsmengenai cara
memberikan umpan balik?
Jawab
:
1.
Bersikap deskriptif.
2.
Sifat khusus dan tidakumum
3.
Memperhitungkan kebutuhan si penerima.
4.
Diarahkan pd tingkah laku si penerima.
5.
Jika diminta oleh yg bersangkutan.
6.
Diberikan pd waktu yg tepat.
7.
Siap utk dilaksanakan : umpan balik yg
baik dpt mengubah tingkah laku.
8.
Cek tingkat validitasnya.
9.
Apa perbedaan antara akuntabilitas
implisit dg akuntabilitas eksplisit jelaskan ?
Jawab
:
Segenap aparatur Negara secara implisit bertanggung jawab atas setiap
pengaruh yg terduga akibat tatacara atas melaksanakan tugas. Pertanggung
jawaban seseorang pejabat Negara manakala diharuskan menjawab atau memikul
konsekwensi atau tata cara dlm melaksanakan tugas con bebas KKN
10.
Jelaskan perbedaan antara data dan
informasi ?
Jawab
:
Data
: Penggambaran dari sesuatu & kejadian yg
dihadapi . Data bisnis adalah penggambaran dr suatu organisasi tentang sesuatu
(resources) dan kejadian (transction) yg terjadi. Kenyataan yg menggambarkan
suatu kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian adalah suatu yg terjadi pd saat
tertentu. Kesatuan nyata (event entity) adalah berupa suatu obyek nyata seperti
tempat, benda, dan orang yang betul2 ada yg terjadi. Sumber dr informasi adalah
data. Hal, peristiwa atau kenyataan lainnya apapun yg mengandung suatu
penertian yg dijadikan dasar guna penyusunan keterangan, pembuatan kesimpulan /
penetapan keputusan. Bahan mentah/bahan baku infomasi, yakni sekelompok lambing
tidak acak yg menunjukkan jumlah, tindakan, sesuatu dsb. Bentuknya bisa huruf ,
angka, simbul/lambing khusus dsb. Fakta2/figure, bisa tabel, grafik, stasistik
dr mana kesimpulan diambil.
Informasi
: Infomasi merupakan kumpulan data yg telah
diolah menjadi bentuk yg lebih berguna & lebih berarti bagi yg menerima
informasi. Data yg telah diproses ked lm suatu bentuk yg mempunyai arti bagi
penerima dan memiliki nilai nyata yg di butuhkan untuk proses pengambilan
keputusan saat ini maupun saat mendatang.
Gordon
b.Davis 1995 : Sebuah pernyataan yg menjelaskan suatu
peristiwa (obyek/konsep) sehingga manusia dpt membedakan sesuatu dg yg lainnya.
Samuel
elion 1992 : Hasil pemrosesan data yg diperoleh dr setiap
elemen sitem tsb menjadi bentuk yg mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yg
relevan dan dibutuhkan dlm pemahaman fakta2 yg ada
11.
Apa yg dimaksud dengan sasaran umum
dan berikan contoh ?
Jawab
:
-
Kelembagaan yg sehat dan dinamis mampu
memberikan layanan yg baik kpd masyarakat.
-
Ketatalaksanaan yg efesien dan
efektif.
-
Sumber daya manusia yg kompeten, memilikitata
nilai, dan etika kerja.
30.Jelaskan tentang transisi demografi
?
Jawab
:
-
Kondisi penduduk jika angka kelahiran
tinggi, diikuti dengan angka kematian yg tinggi juga, biasa terjadi di negara2
miskin
-
Kondisi penduduk dimana angka kematian
kecil, dimana angka kelahiran masih tinggi, hal ini dpt diartikan teknologi
dibidang kesehatan dan teknologi sudah berkembang.
-
Kondisi dimana angka kelahiran dan
angka kematian rendah, Hal ini berarti teknologi dan keilmuan sudah maju,
begitu juga diikuti oleh tingkat kesejahtraan penduduk yg makin mapan.
39.
Benarkah Negara/pemerintah menjalankan
peran kepemimpinan ?
Jawab
: Benar, krn dlm era demokrasi dan reformasi
pengembangan prilaku kepemimpinan kepemerintahan di tuntut untuk mampu
menghadapi suatu perubahan paradigma kepemerintahan atau yg dikenal dengan
istilah goog governance(kepemerintahan yg amanah). Pemahaman atas konsep
pengelolaan kepemerintahan yg amanahterus berkembang prinsip2 tsb al :
akuntanbilitas, Tranparansi, keterbukaan, berdasarkan hokum dan adanya jaminan.
40.
Salah satu perinsip pelayanan prima
adalah memperdayakan pelanggan, coba
jelaskan maksud atau arti memperdayakan tersebut berikan contoh
Jawab
: Pelanggan pd dasarnya adalah pemilik dr
pelayanan kita, tanpa pelanggan tidak akan pernah ada pelayanan. Mengutamakan
pelayanan secara praktis diartikan sbb :
a.
Presedur pelayanan harus disusun demi
kemudahan pelanggan.
b.
Ada presedur yg berbeda bagi pelayanan
eksternal dan internal. Pelayanan bagi pelayan eksternal harus lebih diutamakan
dr pd untuk pelanggan internal maupun tidak langsung.
c.
Adanya jenis2 layanan yg sesuai utk
pelayanan pelanggan langsung.
41.
Organisasi dpt dilihat dari 2 aspek
jelaskan ?
Jawab
:
a.
Aspek struktur organisasi meliputi
-
Pengelompokan orang secara formal
-
Digambarkan dlm bagan organisasi
b.
Aspek proses perilaku
42.
Berikan uraian singkat bagaimana sdr
dpt membangun & mengembangkan budaya kerja yang baru di organisasi.
Jawab
:
Budaya kerja baru dapat kita bangun yaitu
Seorang pemimpin harus dpt menciptakan suasana nyaman dilingkungan kerja,
mempunyai ide2 baru yg cerdas dan mencermati hal2 yg sangat diperlukan dlm
lembaga demi kemajuan lembaga tsb.
43.
Bagaimanakah berpikir didlm Pola Kerja
terpadu sehingga mencapai evisensi & efektivitas sasaran kerja ? jelaskan !
Jawab
:
a.
Perencanaan adalah persiapan yg
teratur dr setiap usaha untuk mewujudkan / mencapai tujuan yg telah ditentukan.
b.
Perencanaan adalah seluruh proses
kegiatan pemikiran & penentuan secara matang untuk menentukan hal2 yg akan
dilaksanakan.
44.
Kede etik aparatur pemerintah secara
keseluruhan harus ditetapkan oleh kepala pemerintahan. Mengapa ? Jelaskan !
Jawab
:
Karena kepala pemerintahan merupakan sebagai
pimpinan yg mempunyai wewenang untuk menetapkan kode etik tsb agar seluruh
bawahan dapat taat dg aturan yg telah ditentukan. Kode etik merupakan sebagai
acuan /pedoman dlm bersikap & bertindak dr seluruh jajaran organisasi
pemerintahan & pelanggarannya akan membawa konsweksi moral.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar