Sabtu, 17 November 2012

Model-2


5.        Apa tujuan pemerintah memberikan otonomi kepada semua kabupaten kota & propinsi.
a.                    Meningkatkan & memperlancar pembangunan di daerah terutama dlm usaha utk meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas, baik di bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, pendidikan maupun kesehatan.
b.                    Memperlancar & mempermudah pelayanan administrasi pemerintah.
c.                    Meningkatkan kualitas pengelolaan wilayah, baik pengelolaan sumber daya alam maupun sumber daya buatan & sumber daya manusia.
d.                    Meningkatkan keikutsertaan masyarakat daerah dlm penentuan kebijakan publik baik yg bersifat nasional maupun yg bersifat terbatas utk daerah tertentu, antara lain dlm penentuan politik, ekonomi nasional & penyusunan rencana pembangunan nasional,
e.                    Memperkuat persatuan & kesatuan bangsa.
f.                     Memperkuat ketahanan & pertananan nasional di semua bidang.
                                           
6.        Sudah adakan peraturan perundang-undangan yg menetapkan etika PNS dlm keseluruhan aspeknya.
Ada, Kode etik Organisasi Pemerintah RI (UU no.8/1974)
§ PNS adalah WNKRI yg berdasarkan PS, bertqwa kpd Tuhan YME, dan bersikap hormat-menghormati antara sesama WN yg memeluk agama/kepercayaan yg berlainan.
§ PNS sbg unsur aparatur neg,abdi neg, dan abdi masy, setia dan taat sepenuhnya kpd Pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah, serta mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan diri sendiri, seseorang atau golongan.
§ PNS menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan martabat PNS serta mentaati sgl peraturan kedinasan dan perintah atasan dg penuh kesadaran, pengabdian, dan tanggungjawab.
§ PNS memberikan pelayanan thd masya se-baik2nya sesuai dg bidang tugas masing2.
§ PNS tetap memelihara keutuhan, kekompakan, persatuan dan kesatuan negara dan bangsa Indonesia serta korps PNS. 
7.        Kepemimpinan yg berdasarkan prinsip akan membantu para manajer dlm menyelesaikan masalah klasik manajerial & organisasional, sebutkan manajerial dlm kelompok?
Tugas manajerial, menyusun, mengimplematasikan dan evaluasi kelompok.

8.        Apa perbedaan antara akuntabilitas implisit dengan akuntabilitas eksplisit, jelaskan.
Segenap aparatur negara secara implisit bertanggung jawab atas setiap pengaruh yang terduga akibat tata cara melaksanakan tugas.
Pertanggung jawaban seorang pejabat negara manakala diharuskan menjawab atau memikul konsekwensi atau tata cara dalam melaksanakan tugas con bebas KKN.

9.        Banyak persoalan dlm dunia pelayanan publik terjadi karena pemasaran atau sosialisasi yg lemah, pemasaran atau sosialisasi yg lemah oleh pemerintah berakibat terjadinya distorsi persepsi dikalangan masyarakat sehingga timbul harapan-harapan yg sering kali sdh berlebihan & tidak masuk akal, sebutkan gejala-gejala distorsi persepsi tersebut.
Penyimpangan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakatnya. Indikatornya banyak demontrasi

10.     Bagaimana membuat rumusan keputusan yg mengandung unsur-unsur tindakan objek/sasaran & tindakan.
POHAN MASALAH, POHAN SASARAN dan POHON ALTERNATIF.

2 ciri kebijakan publik
1.   Proses kebijakan (policy process)
Mengkaji proses penyusunan kebijakan mulai dari identifikasi dan perumusan masalah (perumusan kebijakan), implementasi kebijakan, monitoring kebijakan dan evaluasi kebijakan.
2.   Analisis kebijakan (policy analysis)
Penerapan metode dan teknik analisis yang bersifat multidisiplin dalam proses kebijakan yakni untuk menyusun strategi kebijakan.

MASALAH adalah sesuatu yg menyimpang dari apa yg diharapkan atau ditentukan  utk dicapai, sehingga merupakan rintangan atau hambatan menuju tercapainya tujuan (slamet prajudi atmosudirjo)
Mengidentifikasi perbedaan yg ada antara pihak yg bermasalah dgn pihak pembanding pada setiap spesifikasi yg ada
Perubahan adalah perubahan yg terjadi pd pihak yg bermasalah atau perubahan yg terjadi disekitar yg bermasalah sejak masalah tsb mulai dirasakan
Persoalan :
1.        Suatu/situasi kompleks yg menghendaki tindakan.
2.        Sesuatu yg menjadi salah atau sesuatu yg tidak diketahui penyebabnya.
3.        Suatu pilihan yg sulit.

3 (TIGA) PRIORITAS DLM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ?
3 aspek penting dlm menentukan prioritas, yaitu dilihat dari tingkat :
1)               Urgensi (kegawatan) adalah besarnya dampak yg timbul terhadap keselamatan jiwa manusia, uang, produksi & atau reputasi baik individu maupun organisasi.
2)               Seriousness (mendesaknya) adalah banyaknya waktu yg tersedia  utk penanganan suatu masalah.
3)               Growth (pertumbuhan) adalah perkiraan akan bertambah buruknya suatu keadaan dibandingkan dengan sebelumnya/keadaan sekarang.

APA SAJA DASAR-DASAR YG HARUS DIMILIKI DLM RANGKA PENGAMBILAN KEPUTUSAN ? Langkah-Langkah Analisis Keputusan :
1.  Menyatakan tujuan pengambilan  keputusan. Dgn menyatakan tujuan kita dpt mengetahui apa yg akan kita lakukan. Semakin spesifik semakin baik. Contoh operator komputer.
2.          Menentukan kriteria atau persyaratan pemilihan:
                  Menentukan Kriteria Wajib/ Keharusan ( mutlak, terukur, realistis)
                  Menjadi pembatas apakah sesuatu/orang layak jadi calon.
                  Menentukan Kriteria keinginan bersifat relatif. Digunakan sbg saringan kedua unt memilih calon yg mendekati keinginan.
                  Menetapkan bobot bagi masing2 kriteria, Agar kriteria yg lebih tinggi kepentingannya dpt dibobot lb tinggi ( bobot adl tingkat pentingnya suatu kriteria dibanding yg lain
                  Ditentukan nilai gradasi dari setiap kriteria unt menentukan berapa nilai relatif suatu alternatif. Merupakan langkah substantif, imaginatif, kreatif unt mendapat hasil terbaik
3.  Membuat atau mengembangkan alternatif pilihan
                  Agar lebih objektif dlm menyusun kriteria, sebaiknya alternatif2 yg ada tidak kita teliti dahulu sebelum kita menentukan kriteria, karena kita cenderung membuat kriteria yg menguntungkan alternatif yg lebih kita sukai.
                  Mengembangkan alternatif pilihan juga langkah kreatif. Semakin kreatif semakin banyak pilihan yg dpt dikembangkan
4.  Mengevaluasi alternatif
Alternatif yg ada dievaluasi, mulai dari Kriteria keharusan sbg saringan pertama. Kriteria kedua adl krfiteria Keinginan lengkap dgn bobot & gradasi. Hasilnya adl nominasi yg belum final
5.  Mempertimbangkan Risiko Pemilihan
Buat daftar hal2 kritis dari setiap calon. Diusahakan mendapat informasi negatif dari calon / alternatif pilihan, unt menghindari terjadinya hal2  yg merugikan dibelakang hari. Langkah ini juga membutuhkan imajinasi kreatifitas yg tinggi



STANDAR PELAYANAN adalah suatu tolok ukur yang dipergunakan untuk acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai komitmen atau janji ari pihak penyedia pelayanan kepada pelanggan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.
KOMUNIKASI; memberikan pengetahuan yang dapat dipahami oleh pelanggan dan mendengarkan mereka.

·   Apa yang dimaksud dengan orang yang profesional?
Jawab: Orang profesional adalah orang yang dalam pelaksanaan pekerjaan bekerja sesuai perundang-undangan & misi organisasi; bekerja berdasar kaidah keilmuan, sikap perilaku sesuai nilai-nilai kepatutan, posisi netral. Bekerja secara profesional, mampu menjalankan tugas guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang didukung oleh modal dasar SKA (Skill/keahlian, Knowledge/ pengetahuan, Ability/kemampuan).
. Apakah RENSTRA itu?
RENSTRA adalah rencana lima tahun yang disusun oleh instansi pemerintah pusat dan yang mengacu pada RPJM/RPJM daerah dan berisikan penjabaran program sektoral dan kegiatan prioritasnya sesuai dengan tugas pokok masing-masing instansi.

- KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF
Yaitu kepemimpinan yang memiliki peran sebagai direction setter, change agent, spoke person, dan coach. Dengan demikian kepemimpinan yang efektif dimaksud tidak saja harus menyusun visi sebagai direction setter, tetapi juga harus mengkomunikasikannya sehingga menjadi shared purpose. Pemimpin juga harus melakukan empowering (pemberdayaan) SDM dan sumberdaya lain dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan melakukan perubahan-perubahan (change agent).
TQM adalah pendekatan yang digunakan untuk meningkatkan kualitas produk barang dan jasa melalui partisipasi semua tingkatan dan fungsi yang ada dalam organisasi. TQM digunakan atas dasar solusi permasalahan dengan menggunakan data yang akurat, dibangun atas dasar keterlibatan dan partisipasi seluruh jajaran manajemen tingkat atas sampai pada pegawai yang secara profesional melakukan proses tertentu, dengan fokus pada orientasi pelanggan, pengendalian kualitas secara komprehensif, dan didukung oleh berbagai sistem yang dikembangkan dalam manajemen.
Tqm: Untuk meningkatkan kualitas pelayana kepada masyarakat
TQM: Manajemen yang berusaha U/ memaksimalkan daya saing oraganisasi melalaui perbaikan secara erkesinambungan atas kualitas barang, jasa, manusia dan lingkungan organisasi dengan tujuan U/ meningkakna kepuasan pelanggan.
ISO merupakan lembaga standar yang memiliki jaringan internasional yang dikoordinasikan melalui central secretariat di Geneva. ISO menetapkan berbagai standar yang menjadi referensi internasional.

EMOSI adalah sisi lain dari kepribadian yang diwujudkan dalam perasaan/affect yang positif maupun negatif dan ditampilkan dalam berbagai perilaku. Kecerdasan emosi sesungguhnya berkaitan dengan pikiran rasional, sedangkan spiritual intelegensi adalah kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai yakni kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup kita dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya.
11.     Sebutkan minimal 5 tips mengenai cara memberikan umpan balik?
1.     Bersifat deskriptif
2.     Sifat khusus dan tidak umum
3.     Memperhitungkan kebutuhan si penerima
4.     Diarahkan pada tingkah laku si penerima
5.     Jika diminta oleh ybs
6.     Diberikan pada waktu yang tepat
7.     Siap untuk dilaksanakan: umpan balik yang baik dapat mengubah tingkah laku

8.     Cek tingkat validitasnya

FUNGSI ANGGARAN: Fungsi Otorisasi , Fungsi Perencanaan, Fungsi Pengawasan, F Alokasi, F Internal, F Eksternal
KINERJA: Input, Proses, Out put (Rencana Kerja)  / Out Come, Benefit, Infact (Rencana Kinerja)
SAKIP: Kegiatan, Pembiayaan, Evaluasi, Monitoring, Control, Laporan
OTONOMI: Memperpendek rentang kendali dan mempermudah mengetahui kebutuahan daerah.

KRITERIA MEMILIH ISU:
1. AKTUAL: sesuatu yang sedang atau akan terjadi, hangat dibicarakan kalangan masyarakat.

2. BERDAMPAK LUAS : menyangkut kepetingan orang banyak
3. PROBLEMATIK: mengandung suatu permasalahan, yang perlu dicari penyebab dan pemecahannya
4. KELAYAKAN: bersifat logis, realistis, dan sesuai dengan tugas, wewenang, dan tanggung jawab.

Aparatus Pemerintah: tugas pokok U/ melaksanakan tugas umum pemerintahan dan tugas pembangunan.
Tugas Pemerintah: tugas dimana saja dalam rangka memenuhi kebutuhan dan kepentingan Masyarakat.
Tugas Pembangunan : tugas dalam pelaksaan program-program pembangunan, yg umum dilaksanakan melalui proyek2.
Otonomi Daerah: u/ mengatur pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dgn peraturan UU
Daerah Otonom: kesatuan hukum yg mempunyai baaw wilayah yang berwenang
untuk mengatur dan mengurus pemerintahan dan kepentingan masyarrakat setempat.

1.     Kede etik aparatur pemerintah secara keseluruhan harus ditetapkan oleh kepala pemerintahan. Mengapa ? Jelaskan
Jawab :
Karena kepala pemerintahan merupakan sebagai pimpinan yg mempunyai wewenang untuk menetapkan kode etik tsb agar seluruh bawahan dapat taat dg aturan yg telah ditentukan. Kode etik merupakan sebagai acuan /pedoman dlm bersikap & bertindak dr seluruh jajaran organisasi pemerintahan & pelanggarannya akan membawa konsweksi moral.
1.        Dalam rangka aktualisasi pelaksanaan konsepsi kepemerintahan hal-hal apa saja yg harus menjadi acuan berpikir pemerintah baik di pusat maupun di daerah ?
Jawab : Negara berfungsi menciptakan lingkungan politik & hukum yg kondusif termasuk di dalamnya lembaga-lembaga politik maupun lembaga-lembaga sector public.

2.        Sudah adakah peraturan perundang-undangan etika PNS dlm keseluruhan aspeknya ?
Jawab :
Ada kode etik Organisasi Pemerintah RI (UU no.8/1974)
-       PNS adalah WNKRI yg berdasarkan PS, bertaqwa kpd Tuhan YME, & bersikap ormat-menghormati sesama WN yg memeluk agama/kepercayaan yg berlainan.
-       PNS sbg unsure aparatur neg, abdi neg & abdi masyarakat, setia dan taat sepenuhnya kpd pancasila, UUD 1945, Negara & pemerintah, serta menutamakan kepentingan Negara di atas kepentingan diri sendiri, seorang/golongan.
-       PNS menjunjung tinggi kehormatan Negara, pemerintah.& martabat PNS serta mentaati sgl peraturan kedinasan & perintah atasan dg penuh kesadaran, pengabdian, & tanggungjawab.
-       PNS memberikan pelayanan terhadap masy se-baik-baiknyasesuai dg bidang tgs masing-masing.
-       PNS tetap memelihara keutuhan, kekompakan, persatuan & kesatuan neg & bangsa Indonesia serta korps PNS.

3.        Jelaskan konsep pemerintahan yang baik ?
Jawab : Pemerintahan yg baik (good governance) adalah :penyelenggaraan pemerintahan Negara yang solid & bertanggungjawab, serta efisien & efektif dg menjaga menyinergikan iteraksi yg konstruktif diantara komponen-komponen Negara, sector swasta & masyarakat.
Dalam PP No. 101/2000 disebutkan prinsip-prinsip kepemerintahan yg baik, yg terdiri dari :
a.        Profesional, b. Akuntabilitas. C. Tranparansi. d. Pelayanan Prima. E. Demokrasi. F. Efisiensi. G. Efektifitas. H. Supermasi Hukum.
4.        Bagaimana membuat rumusan keputusan yg mengandung unsur-unsur tindakan obyek/sasaran dan tindakan ?
Jawab : Pohon Masalah, Pohon Sasaran dan Pohon Alternatif.
 5.        Kegiatan apa saja yg perlu dilakukan dlm pembaharuan desain pelayanan untuk dpt memenuhi keinginan pelanggan ?
Jawab : Pembaharuan desain di sini maksudnya adalah tidak harus menciptakan hal yg baru sama sekali. Pelayanan yg sudah ada secara berkala juga memerlukan pembaharuan agar semakin dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Langkah-langkah kegiatan dlm proses pembaharuan desain pelayanan al :
a.        Menemukan “roh” pelayanan (makna dr pelayanan)
b.        Menetapkan jenis pelayanan.
c.        Menghayati kegiatan pelanggan.
d.        Merancang proses pelayanan.
6.        Apa saja masalah yg dihadapi dlm penyusunan propenas yg menyebabkan kapasitas pembangunan daerah dan masyarakat kurang berkembang ?
Jawab :
a.        Pertumbuhan ekonomi masih rendah
b.        Kualitas SDM masih rendah
c.        Belum sejalannya perlindungan lingkungan dg kegiatan pemanfaatan sumber daya alam.
d.        Kesenjangan pembangunan antar daerah
e.        Terjadinya penurunan kualitas & kuantitas infra-struktur.
f.         Belum tuntasnya konflik dibeberapa daerah.
g.        Masih tingginya kejahatan konvensional & transnasional.
h.        Masih kurangnya kemampuan jumlah & personal TNI.
i.         Masih adanya hambatan dlm menciptakan hokum investasi yg kondusif.
j.         Rendahnya kualitas pelayanan umum kpd ,masyarakat.
k.        Belum menguatnya kelembagaan politik lembaga penyelenggara Negara & lembaga kemasyarakatan.
 7.        Kepemimpinan yg berdasarkan prinsip akan membantu paramanajer dlm menyelesaikan masalah klasik manajerial dan organisasional sebutkan masalah manajerial dlm kelompok ?
Jawab : Tugas manajerial, menyusun, mengimplementasikan & evaluasi kelompok.
 8.        Sebutkan minimal 5 tipsmengenai cara memberikan umpan balik?
Jawab :
1.        Bersikap deskriptif.
2.        Sifat khusus dan tidakumum
3.        Memperhitungkan kebutuhan si penerima.
4.        Diarahkan pd tingkah laku si penerima.
5.        Jika diminta oleh yg bersangkutan.
6.        Diberikan pd waktu yg tepat.
7.        Siap utk dilaksanakan : umpan balik yg baik dpt mengubah tingkah laku.
8.        Cek tingkat validitasnya.
 9.        Apa perbedaan antara akuntabilitas implisit dg akuntabilitas eksplisit jelaskan ?
Jawab :  Segenap aparatur Negara secara implisit bertanggung jawab atas setiap pengaruh yg terduga akibat tatacara atas melaksanakan tugas. Pertanggung jawaban seseorang pejabat Negara manakala diharuskan menjawab atau memikul konsekwensi atau tata cara dlm melaksanakan tugas con bebas KKN 
 10.     Jelaskan perbedaan antara data dan informasi ?
Jawab :
Data : Penggambaran dari sesuatu & kejadian yg dihadapi . Data bisnis adalah penggambaran dr suatu organisasi tentang sesuatu (resources) dan kejadian (transction) yg terjadi. Kenyataan yg menggambarkan suatu kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian adalah suatu yg terjadi pd saat tertentu. Kesatuan nyata (event entity) adalah berupa suatu obyek nyata seperti tempat, benda, dan orang yang betul2 ada yg terjadi. Sumber dr informasi adalah data. Hal, peristiwa atau kenyataan lainnya apapun yg mengandung suatu penertian yg dijadikan dasar guna penyusunan keterangan, pembuatan kesimpulan / penetapan keputusan. Bahan mentah/bahan baku infomasi, yakni sekelompok lambing tidak acak yg menunjukkan jumlah, tindakan, sesuatu dsb. Bentuknya bisa huruf , angka, simbul/lambing khusus dsb. Fakta2/figure, bisa tabel, grafik, stasistik dr mana kesimpulan diambil.
Informasi : Infomasi merupakan kumpulan data yg telah diolah menjadi bentuk yg lebih berguna & lebih berarti bagi yg menerima informasi. Data yg telah diproses ked lm suatu bentuk yg mempunyai arti bagi penerima dan memiliki nilai nyata yg di butuhkan untuk proses pengambilan keputusan saat ini maupun saat mendatang.
Gordon b.Davis 1995 : Sebuah pernyataan yg menjelaskan suatu peristiwa (obyek/konsep) sehingga manusia dpt membedakan sesuatu dg yg lainnya.
Samuel elion 1992 : Hasil pemrosesan data yg diperoleh dr setiap elemen sitem tsb menjadi bentuk yg mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yg relevan dan dibutuhkan dlm pemahaman fakta2 yg ada

11.     Apa yg dimaksud dengan sasaran umum dan berikan contoh ?
Jawab :
-       Kelembagaan yg sehat dan dinamis mampu memberikan layanan yg baik kpd masyarakat.
-       Ketatalaksanaan yg efesien dan efektif.
-       Sumber daya manusia yg kompeten, memilikitata nilai, dan etika kerja.

30.Jelaskan tentang transisi demografi ?
Jawab :
-       Kondisi penduduk jika angka kelahiran tinggi, diikuti dengan angka kematian yg tinggi juga, biasa terjadi di negara2 miskin
-       Kondisi penduduk dimana angka kematian kecil, dimana angka kelahiran masih tinggi, hal ini dpt diartikan teknologi dibidang kesehatan dan teknologi sudah berkembang.
-       Kondisi dimana angka kelahiran dan angka kematian rendah, Hal ini berarti teknologi dan keilmuan sudah maju, begitu juga diikuti oleh tingkat kesejahtraan penduduk yg makin mapan.

39.     Benarkah Negara/pemerintah menjalankan peran kepemimpinan ?
Jawab : Benar, krn dlm era demokrasi dan reformasi pengembangan prilaku kepemimpinan kepemerintahan di tuntut untuk mampu menghadapi suatu perubahan paradigma kepemerintahan atau yg dikenal dengan istilah goog governance(kepemerintahan yg amanah). Pemahaman atas konsep pengelolaan kepemerintahan yg amanahterus berkembang prinsip2 tsb al : akuntanbilitas, Tranparansi, keterbukaan, berdasarkan hokum dan adanya jaminan.
40.     Salah satu perinsip pelayanan prima adalah memperdayakan  pelanggan, coba jelaskan maksud atau arti memperdayakan tersebut berikan contoh
Jawab : Pelanggan pd dasarnya adalah pemilik dr pelayanan kita, tanpa pelanggan tidak akan pernah ada pelayanan. Mengutamakan pelayanan secara praktis diartikan sbb :
a.        Presedur pelayanan harus disusun demi kemudahan pelanggan.
b.        Ada presedur yg berbeda bagi pelayanan eksternal dan internal. Pelayanan bagi pelayan eksternal harus lebih diutamakan dr pd untuk pelanggan internal maupun tidak langsung.
c.        Adanya jenis2 layanan yg sesuai utk pelayanan pelanggan langsung.
41.     Organisasi dpt dilihat dari 2 aspek jelaskan ?
Jawab :
a.        Aspek struktur organisasi meliputi
-       Pengelompokan orang secara formal
-       Digambarkan dlm bagan organisasi
b.        Aspek proses perilaku
42.     Berikan uraian singkat bagaimana sdr dpt membangun & mengembangkan budaya kerja yang baru di organisasi.
Jawab :
Budaya kerja baru dapat kita bangun yaitu Seorang pemimpin harus dpt menciptakan suasana nyaman dilingkungan kerja, mempunyai ide2 baru yg cerdas dan mencermati hal2 yg sangat diperlukan dlm lembaga demi kemajuan lembaga tsb.
43.     Bagaimanakah berpikir didlm Pola Kerja terpadu sehingga mencapai evisensi & efektivitas sasaran kerja ? jelaskan !
Jawab :
a.        Perencanaan adalah persiapan yg teratur dr setiap usaha untuk mewujudkan / mencapai tujuan yg telah ditentukan.
b.        Perencanaan adalah seluruh proses kegiatan pemikiran & penentuan secara matang untuk menentukan hal2 yg akan dilaksanakan.
 44.     Kede etik aparatur pemerintah secara keseluruhan harus ditetapkan oleh kepala pemerintahan. Mengapa ? Jelaskan !
Jawab :
Karena kepala pemerintahan merupakan sebagai pimpinan yg mempunyai wewenang untuk menetapkan kode etik tsb agar seluruh bawahan dapat taat dg aturan yg telah ditentukan. Kode etik merupakan sebagai acuan /pedoman dlm bersikap & bertindak dr seluruh jajaran organisasi pemerintahan & pelanggarannya akan membawa konsweksi moral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar