1. Stephen Covey 1996 mengemukakan bahwa
kepribadian adalah bagian yg Nampak dari karakter seseorang karena yg bisa
terjadi bahwa yg Nampak tidak menggambarkan yg sebenarnya bagi kepribadian
adalah sama dgn karakter apa yg diluar sama dgn apa yang didalam sebutkan 6
ciri kepribadian tersebut ?
Jawab :
a.
Jadilah proaktif : pemimpin yg dpt menjemput
bola terhadap pekerjaan2 yg sesuai dgn job deskripsinya.
b.
Merujud pada tujuan pemimpin hendaknya dpt
merencanakan suatu program yg menjadi job diskripsinya dgn proses :
merencanakan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan,
c.
Dahulukan yg utama walaupun banyak
permasalahan pd subbagian, seorang pemimpin hendaknya lebih cermat, cepat
mengatasinya.
d.
Berpikir menang-menang pemimpin jangan mau
menang sendiri atau diktator
e.
Memahami dulu kemudian dipahami : pemimpin
harus dpt mempelajari karakter bawahan sehingga akan muda komunikasi &
suasana kerja akan nyaman.
f.
Wujudkan sinerji pada suatu organisasi
khusunya perguruan tinggi karena terdiri dari beberapa kasubag hendaknya harus
kordinasi antara satu dgn lainnya.
2. Jelaskan apa yg saudara pahami ttng potensi
diri ?
Jawab :
persepsi seseorang thd dirinya dirinya yg terbentuk melalui pengalaman dan
interaksi dglingkungan dan mendapat pengaruh dr orang2 yg dianggap penting :
Terdiri dari 3 (tiga)
komponen yg saling mempengaruhi satu dg yg lainnya yaitu :
a.
Diri ideal (self edeal), sosok individu yg kita
inginkan dimasa
yg akan datang
b.
Citra diri (self image), atau cara
melihat diri sendiri dan berfikir mengenai diri sendiri (cermin diri)
c.
Harga diri (self esteem) komponen yg bersifat
emosional dan merupakan komponen yang paling penting dalam menentukan sikap dan kepribadian kita
3. Kede etik aparatur pemerintah secara
keseluruhan harus ditetapkan oleh kepala pemerintahan. Mengapa ? Jelaskan
Jawab :
Karena kepala
pemerintahan merupakan sebagai pimpinan yg mempunyai wewenang untuk menetapkan
kode etik tsb agar seluruh bawahan dapat taat dg aturan yg telah ditentukan.
Kode etik merupakan sebagai acuan /pedoman dlm bersikap & bertindak dr
seluruh jajaran organisasi pemerintahan & pelanggarannya akan membawa
konsweksi moral.
4.
Sebut &
jelaskan peran kepemimpinan utk dpt menumbuhkan kecerdasan emosional di tempat
kerja !
Jawab :
a.
Integritas Kepemimpinan yaitu Aspek
integritas kepribadian ini selalu menjadi aspek yg paling kritis dlm
pengembangan kemampuan kepemimpinan.
b.
Pribadi yang unggul : Daya saing kita sebagai
bangsa atau aparatur yg hidup ditentukan oleh ke tiga unsur dlm daya saing : Pertama kemampuan seorang pemimpin
melihat kecendrungan /trend berbagai perubahan dlm lingkungan strategic
internal maupun eksternal. Dua
Kemampuan seorang pemimpin melakukan inovasi. Tiga Memupuk sifat
keunggulan pd tingkat perseorangan, kelompok maupun organisasi.
5. Administrasi pembangunan bersumber dari adm
public dan adm pembangunan adalah utk negara2 yg sedang berkembang mengapa
negara2 berkembang diperlukan adanya adm public yg mampu menyelenggarakan
pembangunan menjadi persyarat bagi berhasilnya pembangunan jelaskan ?
Jawab :
karena ada 2 sisi batasan pengertian administrasi pembangunan tersebut sisi
pertama mencakup upaya utk mengendali peran administrasi public dalam
pembangunan. Sisi ke 2 mencakup kehendak untuk mempelajari dgn cara bagaimana
membangun administrasi Negara.
6. Jelaskan konsep pemerintahan yang baik ?
Jawab : Pemerintahan
yg baik (good governance) adalah :penyelenggaraan pemerintahan Negara yang
solid & bertanggungjawab, serta efisien & efektif dg menjaga
menyinergikan interaksi yg konstruktif diantara
komponen-komponen Negara, sector swasta & masyarakat.
Dalam PP No. 101/2000
disebutkan prinsip-prinsip kepemerintahan yg baik, yg terdiri dari :
a.
Profesional, b. Akuntabilitas. C.
Tranparansi. d. Pelayanan Prima. e. Demokrasi. f. Efisiensi. g. Efektifitas.
g.
Supermasi Hukum.
7. Apa manfaat dari penghapusan dlm manajemen
materiil ?
Jawab :
manfaat penghapusan dlm manajemen adalah penghapusan barang milik Negara dari
daftar barang dengan membritakan keputusan dari pejabat yang berwewenang
untuk membebaskan pengguna barang dan atau Kuasa Pengguna Barang dari tanggung
jawab administrasi dan fisik barang yang berada dalam penguasaan penggunaannya.
8. Jelaskan dg singkat, apa yg saudara pahami
tentang koordinasi & bagaimana cara mengimplementasikannya diantara
aparatur pemerintah?
Jawab :
Koordinasi merupakan upaya memadukan (mengintegrasikan), menyerasikan dan
menyelaraskan berbagai kepentingan dan kegiatan yang saling berkaitan beserta
gerak, langkah, dan waktunya dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran bersama.
Koordinasi didlm
pemerintahan sangat diperlukan hubungan kerja baik bersifat internal atau di
lembaga itu sendiri maupun eksternal atau dengan lembaga lainnya.
Contoh : Internal :
mengkoordinasikan sitem kerja agar disatu yunit dg unit lainnya agar
pelaksanaan kerja dpt terlaksana dg baik & atau perlu melakukan tinjauan
secara bersama tetang program yg belum tercapai dll.
Eksternal : perlu
melakukan kerjasama dg instansi lain untuk mendapatkan masukan yg saling
menguntungkan.
9. Tujuan akhir dari pelayanan adalah mewujudkan
tatanan kehidupan masyarakat yg berdaya utk mengurusi semua persoalannya
langkah atau tindakan apa saja yg dilakukan pemerintah agar tujuan tersebut
tercapai jelaskan ?
Jawab :
pemerintah yg harus dilakukannya yaitu melindungi masyarakatnya baik dari
keamanan (hukum, sosial budaya
dan politik).
10. Menurut kapner trigoe jika saudara menghadapi
banyak masalah yg tumpang tindih & saling berbelit maka sulit bagi saudara
bila memulai masalah tersebut ?
Jawab :
Yaitu dengan cara menguraikan terlebih
dahulu dengan seksama satu per satu hal-hal apa yang membuat kita risau. Teknik
untuk merinci kerisauan inilah yang disebut dengan penilaian situasi yang
berguna untuk menilai situasi juga bermakna mengindentifikasi prioritas masalah
yang ada. Tahap-tahap penilaian situasi sbb : 1) kenalilah kerisauan dalam
situasi yang menghendaki tindakan; 2) Memilah-milah kerisauan utk memusatkan
perhatian pada hal-hal yang lebih spesifik; 3) tentukan kriteria2 prioritas
untuk mengatur urutan penyelesaian kerisauan2 tersebut melalui teknik MGD/USG;
4) Tentukan posisi kerisauan2 utk mengindentifikasi proses yang paling sesuai
terhadap penyelesaiannya selanjutnya.
11. Sebutkan criteria keberhasilan dlm komunikasi
?
Jawab : kita harus memamhami karakter seseorang yg
diak komunikasi, sehingga apa yg kita sampaikan terhadap orang lain atau yg
diajak komunikasi bisa menyambung. Atau kata lain
kriterianya adalah 1) Kepercayaan penerima pesan (komunikan) terhadap
komunikator serta keterampilan komunikator berkomunikasi (menyajikan isi
komunikasi sesuai tingkat nalar komunikan; 2) daya tarik pesan dan kesesuan
pesan dengan kebutuhan komunikan; 3) Pengalaman yang sama tentang isi pesan
antara komunikator dan komunikan; 4) kemampuan komunikan menafsirkan pesan,
kesadaran dan perhatian komunikan akan kebutuhan atas pesan yang diterima; 5)
setting komunikasi yang kondusif (nyaman, menyenangkan, menantang); 6) sistem
penyampaian pesan berkaitan dengan metode dan media yang sesuai dengan jenis
indera penerima pesan
12. Mengapa suatu organisasi memerlukan perencanaan
stratejik ? jelaskan.
Jawab : Perencanaan
stratejik adalah suatu metoda utk menggunakan secara bersama kekuatan internal
dan eksternal sehingga perubahan yang cukup berarti dapat dilakukan. suatu
orhanisasi harus tetap memperhatikan faktor lingkungan yang
mempengaruhinya, sehingga perencanaan stratejik bagi organisasi menekankan pada kerangka masa depan dengan tetap
memperhatikan peluang atau kesempatan baru. Tujuan akhirnya adalah untuk
meningkatkan keuntungan dan manfaat dari peningkatan keberhasilan organisasi.
Perencanaan stratejik organisasi diterjemahkan melalui Visi, Misi, tujuan dan
sasaran serta program dan kegiatan yang akan diakukan untuk mencapai tujuan
organisasi.
13. Ada berapa tahapan perkembangan sistim
informasi manajemen sebutkan & jelaskan ?
Jawab
: SIM adalah himpunan2 formal yang
sistematis yang melaksanakan pemrosesan data, untuk memperoleh informasi yang sah dan
transaksional serta menyediakan informasi bagi manajemen utk mendukung
perencanaan, pengawasan dan kegiatan pengambilan keputusan dan menyediakan
beraneka ragam laporan, karena diperlukan terhadap pihak2 luar yang
berkepentingan. Ada 5 tahap perkembangan SIM sebagai
berikut :
1.
SIM Tradisional;
SIM paling sederhana dan mengandalkan tenaga manusia
2.
SIM dgn
dukungan Elektronic Data Processing;
sdh menggunakan komputer tetapi digunakan untuk pengolahan data yang rutin
saja, ex. Keuangan, kepegawaian, material
3.
SIM
berdasarkan Komputer; pd tahap ini
penggunaan komputer sudah terpadu dan
sudah menggunakan data base dan sudah ada standar laporan kegiatan2 organisasi
4.
SIM sebagai Sistem Penunjang keputusan;
pada tahap ini sudah menggunakan hardware dan software yang sudah disesuaikan
dengan data base yang ada.
5.
Sim sebagai Sistem Ahli;
pd tahap ini sudah benar2 mengandalkan kemampuan komputer, dimana sudah bisa
mendiagnosis masalah dan memberikan alternatif pemecahannya berserta
pertimbangan2nya. Dimana Hardware dan software komputer sudah dilengkapi
inteligensia buatan.
14. Apa yang dimaksud dgn struktur umur dlm
konsep pembangunan ?
Jawab :
struktur umur merupakan gambaran tentang komposisi penduduk menurut umur yg
umumnya dibagi atas kelompok umur yg paling muda sampai yg paling tua dgn
interfal setiap 5 tahun. Struktur umur bagi negara berkembang mempunyai
karakteristik yang mempunyai beberapa
implikasi permasalahan yang menyangkut proporsi penduduk usia kerja denga
proporsi penduduk dibawah usia kerja, laju pertumbuhan penduduk yang tetap
tinggi walaupun angka kelahiran telah sangat menurun, dan permasalahan
pertumbuhan angkatan kerja yang relatif tinggi dibandingkan negara maju.
Karakteristik yang sangat menonjol adalah proporsi penduduk dibawah 15 tahun
dan diatas 15 tahun.
15. Sesuai dgn peraturan pemerintah no 9 tahun
2003 apa yg menjadi kewenangan pejabat Pembina kepegawaian pusat kabupaten
/kota dlm pengangkatan pemindahan & pemberhentian pegawai negeri sipil ?
Jawab :
Rekruitmen
pegawai pusat dan pemerintah daerah haruslah berdasarkan kuota yang ditentukan
oleh MENPAN dan BKN yang telah disampaikan melalui MENDAGRI. Dalam hal pengangkatan,
pemindahan dan pemberhentian PNS harus memperhatikan proporsional kebutuhan
suatu daerah/ instansi pusat, sehingga tidak terjadi kelebihan PNS di suatu
daerah tetapi daerah lain terjadi kekuarangan
16. Asas2 umum penyelenggaraan Negara merupakan
acuan dlm penyelenggaraan Negara sebutkan & jelaskan asas umum
penyelenggaraan Negara tersebut ?
Jawab :
1.
Asas kepastian hokum : asas dlm Negara hokum
yg mengutamakan landasan peraturan perundang-undangan kepatuhan & keadilan
dlm setiap kebijakan.
2.
Asas Tertib penyelenggaraan negara; asas yang menjadi
landasan keteraturan, keserasian dan keseimbangan dlm pengendalian
penyelenggaraan negara.
3.
Asas kepentingan umum : asas yg mendahulukan
kesejahteraan umum dgn cara yg aspiratif dan selektif.
4.
Asas keterbukaan : asas yg membuka diri
terhadap hak masyarakat utk memperoleh informasi
5.
Asas proposionalitas : asas yg mengutamakan keseimbangan
antara hak dan kewajibanpenyelenggaraan Negara.
6.
Asas profesionalitas : asas yg mengutamakan
keahlian yg berdasarkan kode etik dan ketentuan perundang-undang yg berlaku
7.
Asas akuntabilitas : asas yg menentukan bahwa
setiap kegiatan & hasil akhir dari kegiatan.
17. Bagaimanakah karangka berpikir didlm Pola
Kerja terpadu sehingga mencapai evisensi & efektivitas sasaran kerja ?
jelaskan !
Jawab :
PKT adalah suatu proses yang sistematis untuk mencapai tujuan organisasi
melalui penetapan sasaran kerja dan kemudian dirinci sehingga bawahan juga
mengetahui adanya pembagian tugas, mempertegas tanggungjawab, menjadwalkan dan
memantau kegiatan dan lain2 utk mengwujudkan sasaran yang telah ditetapkan
secara efisien dan efektif melalui kerangka berfikir dalam 5 tahap proses PKT
yaitu 1) memilih sasaran; 2) menetapkan sasaran; 3) menvalidasi sasaran; 4)
mengwujudkan sasaran; 5) mengendalikan kegiatan. Sehingga kerangka PKT ini akan
membantu untuk merinci hal besar yang bersifat kompleks menjadi bagian-bagian
sederhana, mudah dimengerti yang saling bergantungan satu sama lain dan dengan
demikian merupakan suatu sistem
18.
Berikan uraian singkat bagaimana sdr dpt
membangun & mengembangkan budaya kerja yang baru di organisasi.
Jawab :
Budaya kerja baru
dapat kita bangun yaitu Seorang pemimpin harus dpt menciptakan suasana nyaman
dilingkungan kerja, mempunyai ide2 baru yg cerdas dan mencermati hal2 yg sangat
diperlukan dlm lembaga demi kemajuan lembaga tsb.
1. Stephen Covey 1996 mengemukakan bahwa
kepribadian adalah bagian yg Nampak dari karakter seseorang karena yg bisa
terjadi bahwa yg Nampak tidak menggambarkan yg sebenarnya bagi kepribadian
adalah sama dgn karakter apa yg diluar sama dgn apa yang didalam sebutkan 6
ciri kepribadian tersebut ?
2. Jelaskan apa yg saudara pahami ttng potensi
diri ?
3. Kede etik aparatur pemerintah secara
keseluruhan harus ditetapkan oleh kepala pemerintahan. Mengapa ? Jelaskan
4.
Sebut &
jelaskan peran kepemimpinan utk dpt menumbuhkan kecerdasan emosional di tempat
kerja !
5. Administrasi pembangunan bersumber dari adm
public dan adm pembangunan adalah utk negara2 yg sedang berkembang mengapa
negara2 berkembang diperlukan adanya adm public yg mampu menyelenggarakan
pembangunan menjadi persyarat bagi berhasilnya pembangunan jelaskan ?
6. Jelaskan konsep pemerintahan yang baik ?
7. Apa manfaat dari penghapusan dlm manajemen
materiil ?
8. Jelaskan dg singkat, apa yg saudara pahami
tentang koordinasi & bagaimana cara mengimplementasikannya diantara
aparatur pemerintah?
9. Tujuan akhir dari pelayanan adalah mewujudkan
tatanan kehidupan masyarakat yg berdaya utk mengurusi semua persoalannya
langkah atau tindakan apa saja yg dilakukan pemerintah agar tujuan tersebut
tercapai jelaskan ?
10. Menurut kapner trigoe jika saudara menghadapi
banyak masalah yg tumpang tindih & saling berbelit maka sulit bagi saudara
bila memulai masalah tersebut ?
11. Sebutkan criteria keberhasilan dlm komunikasi
?
12. Mengapa suatu organisasi memerlukan
perencanaan stratejik ? jelaskan.
13. Ada berapa tahapan perkembangan sistim
informasi manajemen sebutkan & jelaskan ?
14. Apa yang dimaksud dgn struktur umur dlm
konsep pembangunan ?
15. Sesuai dgn peraturan pemerintah no 9 tahun
2003 apa yg menjadi kewenangan pejabat Pembina kepegawaian pusat kabupaten
/kota dlm pengangkatan pemindahan & pemberhentian pegawai negeri sipil ?
16. Asas2 umum penyelenggaraan Negara merupakan
acuan dlm penyelenggaraan Negara sebutkan & jelaskan asas umum
penyelenggaraan Negara tersebut ?
17. Bagaimanakah karangka berpikir didlm Pola
Kerja terpadu sehingga mencapai evisensi & efektivitas sasaran kerja ?
18. Berikan uraian singkat bagaimana sdr dpt
membangun & mengembangkan budaya kerja yang baru di organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar