Jumat, 16 November 2012

Model-3


1.   Stephen Covey 1996 mengemukakan bahwa kepribadian adalah bagian yg Nampak dari karakter seseorang karena yg bisa terjadi bahwa yg Nampak tidak menggambarkan yg sebenarnya bagi kepribadian adalah sama dgn karakter apa yg diluar sama dgn apa yang didalam sebutkan 6 ciri kepribadian tersebut ?
Jawab :
a.     Jadilah proaktif : pemimpin yg dpt menjemput bola terhadap pekerjaan2 yg sesuai dgn job deskripsinya.
b.     Merujud pada tujuan pemimpin hendaknya dpt merencanakan suatu program yg menjadi job diskripsinya dgn proses : merencanakan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan,
c.     Dahulukan yg utama walaupun banyak permasalahan pd subbagian, seorang pemimpin hendaknya lebih cermat, cepat mengatasinya.
d.     Berpikir menang-menang pemimpin jangan mau menang sendiri atau diktator
e.     Memahami dulu kemudian dipahami : pemimpin harus dpt mempelajari karakter bawahan sehingga akan muda komunikasi & suasana kerja akan nyaman.
f.      Wujudkan sinerji pada suatu organisasi khusunya perguruan tinggi karena terdiri dari beberapa kasubag hendaknya harus kordinasi antara satu dgn lainnya.

2.   Jelaskan apa yg saudara pahami ttng potensi diri ?
Jawab : persepsi seseorang thd dirinya dirinya yg terbentuk melalui pengalaman dan interaksi dglingkungan dan mendapat pengaruh dr orang2 yg dianggap penting :
Terdiri dari 3 (tiga) komponen yg saling mempengaruhi satu dg yg lainnya yaitu :
a.     Diri ideal (self edeal), sosok individu yg kita inginkan dimasa yg akan datang
b.     Citra diri (self image), atau cara melihat diri sendiri dan berfikir mengenai diri sendiri (cermin diri)
c.     Harga diri (self esteem) komponen yg bersifat emosional dan merupakan komponen yang paling penting dalam  menentukan sikap dan kepribadian kita

3.   Kede etik aparatur pemerintah secara keseluruhan harus ditetapkan oleh kepala pemerintahan. Mengapa ? Jelaskan
Jawab :
Karena kepala pemerintahan merupakan sebagai pimpinan yg mempunyai wewenang untuk menetapkan kode etik tsb agar seluruh bawahan dapat taat dg aturan yg telah ditentukan. Kode etik merupakan sebagai acuan /pedoman dlm bersikap & bertindak dr seluruh jajaran organisasi pemerintahan & pelanggarannya akan membawa konsweksi moral.
4.      Sebut & jelaskan peran kepemimpinan utk dpt menumbuhkan kecerdasan emosional di tempat kerja !
Jawab :
a.     Integritas Kepemimpinan yaitu Aspek integritas kepribadian ini selalu menjadi aspek yg paling kritis dlm pengembangan kemampuan kepemimpinan.
b.     Pribadi yang unggul : Daya saing kita sebagai bangsa atau aparatur yg hidup ditentukan oleh ke tiga unsur dlm daya saing : Pertama kemampuan seorang pemimpin melihat kecendrungan /trend berbagai perubahan dlm lingkungan strategic internal maupun eksternal. Dua Kemampuan seorang pemimpin melakukan inovasi. Tiga  Memupuk sifat keunggulan pd tingkat perseorangan, kelompok maupun organisasi.
5.   Administrasi pembangunan bersumber dari adm public dan adm pembangunan adalah utk negara2 yg sedang berkembang mengapa negara2 berkembang diperlukan adanya adm public yg mampu menyelenggarakan pembangunan menjadi persyarat bagi berhasilnya pembangunan jelaskan ?
Jawab : karena ada 2 sisi batasan pengertian administrasi pembangunan tersebut sisi pertama mencakup upaya utk mengendali peran administrasi public dalam pembangunan. Sisi ke 2 mencakup kehendak untuk mempelajari dgn cara bagaimana membangun administrasi Negara.
6.     Jelaskan konsep pemerintahan yang baik ?
Jawab : Pemerintahan yg baik (good governance) adalah :penyelenggaraan pemerintahan Negara yang solid & bertanggungjawab, serta efisien & efektif dg menjaga menyinergikan interaksi yg konstruktif diantara komponen-komponen Negara, sector swasta & masyarakat.
Dalam PP No. 101/2000 disebutkan prinsip-prinsip kepemerintahan yg baik, yg terdiri dari :
a.     Profesional, b. Akuntabilitas. C. Tranparansi. d. Pelayanan Prima. e. Demokrasi. f. Efisiensi. g. Efektifitas.
g.     Supermasi Hukum.

7.   Apa manfaat dari penghapusan dlm manajemen materiil ?
Jawab : manfaat penghapusan dlm manajemen adalah penghapusan barang milik Negara dari daftar barang dengan membritakan keputusan dari pejabat yang berwewenang untuk membebaskan pengguna barang dan atau Kuasa Pengguna Barang dari tanggung jawab administrasi dan fisik barang yang berada dalam penguasaan penggunaannya.
8.   Jelaskan dg singkat, apa yg saudara pahami tentang koordinasi & bagaimana cara mengimplementasikannya diantara aparatur pemerintah?
Jawab :
Koordinasi merupakan upaya memadukan (mengintegrasikan), menyerasikan dan menyelaraskan berbagai kepentingan dan kegiatan yang saling berkaitan beserta gerak, langkah, dan waktunya dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran bersama.
Koordinasi didlm pemerintahan sangat diperlukan hubungan kerja baik bersifat internal atau di lembaga itu sendiri maupun eksternal atau dengan lembaga lainnya.
Contoh : Internal : mengkoordinasikan sitem kerja agar disatu yunit dg unit lainnya agar pelaksanaan kerja dpt terlaksana dg baik & atau perlu melakukan tinjauan secara bersama tetang program yg belum tercapai dll.
Eksternal : perlu melakukan kerjasama dg instansi lain untuk mendapatkan masukan yg saling menguntungkan.

9.       Tujuan akhir dari pelayanan adalah mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yg berdaya utk mengurusi semua persoalannya langkah atau tindakan apa saja yg dilakukan pemerintah agar tujuan tersebut tercapai jelaskan ?
Jawab : pemerintah yg harus dilakukannya yaitu melindungi masyarakatnya baik dari keamanan (hukum, sosial budaya dan politik).

10.    Menurut kapner trigoe jika saudara menghadapi banyak masalah yg tumpang tindih & saling berbelit maka sulit bagi saudara bila memulai masalah tersebut ?
Jawab :
        Yaitu dengan cara menguraikan terlebih dahulu dengan seksama satu per satu hal-hal apa yang membuat kita risau. Teknik untuk merinci kerisauan inilah yang disebut dengan penilaian situasi yang berguna untuk menilai situasi juga bermakna mengindentifikasi prioritas masalah yang ada. Tahap-tahap penilaian situasi sbb : 1) kenalilah kerisauan dalam situasi yang menghendaki tindakan; 2) Memilah-milah kerisauan utk memusatkan perhatian pada hal-hal yang lebih spesifik; 3) tentukan kriteria2 prioritas untuk mengatur urutan penyelesaian kerisauan2 tersebut melalui teknik MGD/USG; 4) Tentukan posisi kerisauan2 utk mengindentifikasi proses yang paling sesuai terhadap penyelesaiannya selanjutnya.
 
11.    Sebutkan criteria keberhasilan dlm komunikasi ?
Jawab  : kita harus memamhami karakter seseorang yg diak komunikasi, sehingga apa yg kita sampaikan terhadap orang lain atau yg diajak komunikasi bisa menyambung. Atau kata lain kriterianya adalah 1) Kepercayaan penerima pesan (komunikan) terhadap komunikator serta keterampilan komunikator berkomunikasi (menyajikan isi komunikasi sesuai tingkat nalar komunikan; 2) daya tarik pesan dan kesesuan pesan dengan kebutuhan komunikan; 3) Pengalaman yang sama tentang isi pesan antara komunikator dan komunikan; 4) kemampuan komunikan menafsirkan pesan, kesadaran dan perhatian komunikan akan kebutuhan atas pesan yang diterima; 5) setting komunikasi yang kondusif (nyaman, menyenangkan, menantang); 6) sistem penyampaian pesan berkaitan dengan metode dan media yang sesuai dengan jenis indera penerima pesan

12.    Mengapa suatu organisasi memerlukan perencanaan stratejik ? jelaskan.
Jawab : Perencanaan stratejik adalah suatu metoda utk menggunakan secara bersama kekuatan internal dan eksternal sehingga perubahan yang cukup berarti dapat dilakukan. suatu orhanisasi harus tetap memperhatikan faktor lingkungan yang mempengaruhinya, sehingga perencanaan stratejik bagi organisasi menekankan  pada kerangka masa depan dengan tetap memperhatikan peluang atau kesempatan baru. Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan keuntungan dan manfaat dari peningkatan keberhasilan organisasi. Perencanaan stratejik organisasi diterjemahkan melalui Visi, Misi, tujuan dan sasaran serta program dan kegiatan yang akan diakukan untuk mencapai tujuan organisasi.

13.    Ada berapa tahapan perkembangan sistim informasi manajemen sebutkan & jelaskan ?
Jawab : SIM  adalah himpunan2 formal yang sistematis yang melaksanakan pemrosesan data, untuk  memperoleh informasi yang sah dan transaksional serta menyediakan informasi bagi manajemen utk mendukung perencanaan, pengawasan dan kegiatan pengambilan keputusan dan menyediakan beraneka ragam laporan, karena diperlukan terhadap pihak2 luar yang berkepentingan. Ada 5 tahap perkembangan SIM sebagai berikut :
1.   SIM Tradisional; SIM paling sederhana dan mengandalkan tenaga manusia
2.   SIM dgn dukungan Elektronic Data Processing; sdh menggunakan komputer tetapi digunakan untuk pengolahan data yang rutin saja, ex. Keuangan, kepegawaian, material
3.   SIM berdasarkan Komputer; pd tahap ini penggunaan komputer sudah terpadu  dan sudah menggunakan data base dan sudah ada standar laporan kegiatan2 organisasi
4.   SIM sebagai Sistem Penunjang keputusan; pada tahap ini sudah menggunakan hardware dan software yang sudah disesuaikan dengan data base yang ada.
5.   Sim sebagai Sistem Ahli; pd tahap ini sudah benar2 mengandalkan kemampuan komputer, dimana sudah bisa mendiagnosis masalah dan memberikan alternatif pemecahannya berserta pertimbangan2nya. Dimana Hardware dan software komputer sudah dilengkapi inteligensia buatan.

14.    Apa yang dimaksud dgn struktur umur dlm konsep pembangunan ?
Jawab : struktur umur merupakan gambaran tentang komposisi penduduk menurut umur yg umumnya dibagi atas kelompok umur yg paling muda sampai yg paling tua dgn interfal setiap 5 tahun. Struktur umur bagi negara berkembang mempunyai karakteristik  yang mempunyai beberapa implikasi permasalahan yang menyangkut proporsi penduduk usia kerja denga proporsi penduduk dibawah usia kerja, laju pertumbuhan penduduk yang tetap tinggi walaupun angka kelahiran telah sangat menurun, dan permasalahan pertumbuhan angkatan kerja yang relatif tinggi dibandingkan negara maju. Karakteristik yang sangat menonjol adalah proporsi penduduk dibawah 15 tahun dan diatas 15 tahun.



15.    Sesuai dgn peraturan pemerintah no 9 tahun 2003 apa yg menjadi kewenangan pejabat Pembina kepegawaian pusat kabupaten /kota dlm pengangkatan pemindahan & pemberhentian pegawai negeri sipil ?
Jawab :
Rekruitmen pegawai pusat dan pemerintah daerah haruslah berdasarkan kuota yang ditentukan oleh MENPAN dan BKN yang telah disampaikan melalui MENDAGRI. Dalam hal pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian PNS harus memperhatikan proporsional kebutuhan suatu daerah/ instansi pusat, sehingga tidak terjadi kelebihan PNS di suatu daerah tetapi daerah lain terjadi kekuarangan
               
16.    Asas2 umum penyelenggaraan Negara merupakan acuan dlm penyelenggaraan Negara sebutkan & jelaskan asas umum penyelenggaraan Negara tersebut ?
Jawab :
1.     Asas kepastian hokum : asas dlm Negara hokum yg mengutamakan landasan peraturan perundang-undangan kepatuhan & keadilan dlm setiap kebijakan.
2.     Asas Tertib penyelenggaraan negara; asas yang menjadi landasan keteraturan, keserasian dan keseimbangan dlm pengendalian penyelenggaraan negara.
3.     Asas kepentingan umum : asas yg mendahulukan kesejahteraan umum dgn cara yg aspiratif dan selektif.
4.     Asas keterbukaan : asas yg membuka diri terhadap hak masyarakat utk memperoleh informasi
5.     Asas proposionalitas : asas yg mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajibanpenyelenggaraan Negara.
6.     Asas profesionalitas : asas yg mengutamakan keahlian yg berdasarkan kode etik dan ketentuan perundang-undang yg berlaku
7.     Asas akuntabilitas : asas yg menentukan bahwa setiap kegiatan & hasil akhir dari kegiatan.

17.   Bagaimanakah karangka berpikir didlm Pola Kerja terpadu sehingga mencapai evisensi & efektivitas sasaran kerja ? jelaskan !
Jawab : PKT adalah suatu proses yang sistematis untuk mencapai tujuan organisasi melalui penetapan sasaran kerja dan kemudian dirinci sehingga bawahan juga mengetahui adanya pembagian tugas, mempertegas tanggungjawab, menjadwalkan dan memantau kegiatan dan lain2 utk mengwujudkan sasaran yang telah ditetapkan secara efisien dan efektif melalui kerangka berfikir dalam 5 tahap proses PKT yaitu 1) memilih sasaran; 2) menetapkan sasaran; 3) menvalidasi sasaran; 4) mengwujudkan sasaran; 5) mengendalikan kegiatan. Sehingga kerangka PKT ini akan membantu untuk merinci hal besar yang bersifat kompleks menjadi bagian-bagian sederhana, mudah dimengerti yang saling bergantungan satu sama lain dan dengan demikian merupakan suatu sistem

18.    Berikan uraian singkat bagaimana sdr dpt membangun & mengembangkan budaya kerja yang baru di organisasi.
Jawab :
Budaya kerja baru dapat kita bangun yaitu Seorang pemimpin harus dpt menciptakan suasana nyaman dilingkungan kerja, mempunyai ide2 baru yg cerdas dan mencermati hal2 yg sangat diperlukan dlm lembaga demi kemajuan lembaga tsb.



1.     Stephen Covey 1996 mengemukakan bahwa kepribadian adalah bagian yg Nampak dari karakter seseorang karena yg bisa terjadi bahwa yg Nampak tidak menggambarkan yg sebenarnya bagi kepribadian adalah sama dgn karakter apa yg diluar sama dgn apa yang didalam sebutkan 6 ciri kepribadian tersebut ?
2.     Jelaskan apa yg saudara pahami ttng potensi diri ?
3.     Kede etik aparatur pemerintah secara keseluruhan harus ditetapkan oleh kepala pemerintahan. Mengapa ? Jelaskan
4.     Sebut & jelaskan peran kepemimpinan utk dpt menumbuhkan kecerdasan emosional di tempat kerja !
5.     Administrasi pembangunan bersumber dari adm public dan adm pembangunan adalah utk negara2 yg sedang berkembang mengapa negara2 berkembang diperlukan adanya adm public yg mampu menyelenggarakan pembangunan menjadi persyarat bagi berhasilnya pembangunan jelaskan ?
6.     Jelaskan konsep pemerintahan yang baik ?
7.     Apa manfaat dari penghapusan dlm manajemen materiil ?
8.     Jelaskan dg singkat, apa yg saudara pahami tentang koordinasi & bagaimana cara mengimplementasikannya diantara aparatur pemerintah?
9.     Tujuan akhir dari pelayanan adalah mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yg berdaya utk mengurusi semua persoalannya langkah atau tindakan apa saja yg dilakukan pemerintah agar tujuan tersebut tercapai jelaskan ?
10.   Menurut kapner trigoe jika saudara menghadapi banyak masalah yg tumpang tindih & saling berbelit maka sulit bagi saudara bila memulai masalah tersebut ?
11.   Sebutkan criteria keberhasilan dlm komunikasi ?
12.   Mengapa suatu organisasi memerlukan perencanaan stratejik ? jelaskan.
13.   Ada berapa tahapan perkembangan sistim informasi manajemen sebutkan & jelaskan ?
14.   Apa yang dimaksud dgn struktur umur dlm konsep pembangunan ?
15.   Sesuai dgn peraturan pemerintah no 9 tahun 2003 apa yg menjadi kewenangan pejabat Pembina kepegawaian pusat kabupaten /kota dlm pengangkatan pemindahan & pemberhentian pegawai negeri sipil ?
16.   Asas2 umum penyelenggaraan Negara merupakan acuan dlm penyelenggaraan Negara sebutkan & jelaskan asas umum penyelenggaraan Negara tersebut ?
17.   Bagaimanakah karangka berpikir didlm Pola Kerja terpadu sehingga mencapai evisensi & efektivitas sasaran kerja ?
18.   Berikan uraian singkat bagaimana sdr dpt membangun & mengembangkan budaya kerja yang baru di organisasi.

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar